Ulama Inggris sebut vaksinasi Covid-19 saat Ramadan tak gugurkan puasa

papua, image Vaksin
Ilustrasi vaksin, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – British Islamic Medical Association (BIMA) mengatakan pendapat ulama menyebut vaksinasi Covid-19 saat Ramadan tidak membatalkan puasa. Pendapat itu disampaikan terkait vaksinasi Covid-19  di Inggris bertepatan bulan Ramadhan saat umat Islam setempat berpuasa.

“Ramadan mungkin beberapa pekan lagi tetapi kemungkinan akan bertepatan dengan banyak pemberian dosis kedua dari vaksin Covid-19 (dan beberapa dosis pertama). Jangan khawatir dan jangan tunda untuk mendapatkan vaksin Anda. @BritishIMA menegaskan itu tidak akan membatalkan puasa,” kata konsultan kesehatan Bolton via Twitter @Boltonccg dikutip dari The Oldham Times, Sabtu, (20/2/2021).

Baca juga : Industri farmasi ini sebut vaksin Covid-19 akan menjangkau dunia 

Tiongkok klaim akan bantu vaksin Covid-19 ke PNG, Port Moresby bantah 

Negara-negara Kepulauan Pasifik harus tunggu vaksin COVID-19 hingga 2025

Baca juga : da kalender Hijriah, awal Ramadan kemungkinan jatuh pada 12 April 2021 mendatang. Namun program vaksinasi Covid-19 di Inggris dipastikan masih berlanjut.

Loading...
;

Di laman resmi BIMA, para profesional medis telah mempublikasikan beberapa pernyataan dan informasi yang berkaitan dengan vaksin dan dampaknya terhadap kewajiban puasa.

“Menerima vaksin Covid-19 yang saat ini dilisensikan di Inggris tidak membatalkan puasa, sesuai pendapat ulama Islam. Individu tidak boleh menunda vaksinasi Covid mereka karena Ramadan,” tulis keterangan BIMA.

Menurut BIMA, suntikan subcutaneous, subdermal, intramuscular, interosseous atau intra-articular untuk tujuan non-gizi saat puasa tidak membatalkan puasa, terlepas dari materi yang disuntikkan yang memasuki sirkulasi darah.

Adapun vaksinasi Covid-19, kata mereka, saat ini hanya bisa dilakukan dengan injeksi intramuskular. “Jalur ini tidak digolongkan sebagai tempat masuk yang bisa membatalkan puasa,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top