Follow our news chanel

Previous
Next

OAP di Kampung Sanggase tak pernah terima bantuan alsintan

papua-masyarakat-kampung-sanggase
Masyarakat di Kampung Sanggase, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Orang asli Papua (OAP) di Kampung Sanggase, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua tidak pernah mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah, baik mesin perontok padi, harvester combine, alkon, dan lain-lain. Hingga kini, proses tanam hingga panen di kampung tersebut masih dengan cara tradisionl.

“Berulang kali kami telah mengusulkan kepada pemerintah agar ada bantuan alat pertanian, hanya saja tak ada respons sampai sekarang. Padahal masyarakat setempat mempunyai keinginan dan semangat tinggi membuka lahan lebih luas lagi,” ungkap seorang petani di Kampung Sanggase, Yohanes Boyen, kepada Jubi, beberapa hari lalu.

Dikatakan, secara umum masyarakat di Kampung Sanggase mengolah lahan pertanian antara 1-2 hektar. Sebenarnya lebih dari itu, hanya terkendala dukungan alat pertanian.

Baca juga: Harga kopra di Kampung Iwol Rp 2.000 per kilogram

Selama ini, menurut dia, tak ada bantuan pupuk diberikan. Ini berdampak pada hasil panen yang belum maksimal.

“Dalam satu hektar lahan, kami hanya bisa mendapatkan hingga dua ton gabah,” ujarnya.

Untuk penjualan, katanya, tak ada kendala, karena banyak pedagang maupun pemerintah distrik membeli dengan harga berkisar antara Rp10-13 ribu per kilogram.

Loading...
;

Markus (40), seorang warga Kampung Sanggase, mengungkapkan persoalan minimnya bantuan alat pertanian pemerintah, sehingga petani pun tak mampu membuka areal dalam skala luas.

“Memang tanah di sini sangat subur, hanya perlu perhatian dan pendampingan baik dari PPL. Sekaligus dukungan alat pertanian agar masyarakat menggarap lahan dalam setahun dua kali,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top