Follow our news chanel

Previous
Next

Tidak semua objek wisata dikelola pemerintah daerah

Papua
Lokasi wisata Bukit Tungkuwiri di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Berbagai potensi wisata belum digarap optimal di Kabupaten Jayapura. Dinas pariwisata setempat mengaku tidak bisa terlibat lebih jauh dalam pengembangan sejumlah lokasi wisata karena bukan dibawah pengelolaan mereka.

“Ada banyak tempat wisata, tetapi tidak semua bisa ditangani dinas pariwisata. Bukit Tungkuwiri (di Doyo Lama, Distrik Waibu), misalnya masih dikelola pemerintah kampung setempat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo, Senin (20/7/2020)

Dia mengatakan mereka juga harus menegosiasikan pengelolaan sejumlah lokasi wisata dengan pemilik hak ulayat kawasan. Hal itu untuk mencegah permasalahan pada kemudian hari.

“Sumber daya manusia, pendanaan, dan bagi hasilnya juga harus dibicarakan (dengan pemilik hak ulayat kawasan). Jangan sampai ada permasalahan pada kemudian hari,” ujar Joko.

Dia menambahkan pengelolaan sebuah lokasi wisata harus terpadu. Objek maupun aktivitasnya mesti dikemas apik sehingga wisatawan bisa menikmati beragam suguhan menarik dari lokasi wisata tersebut.

“Jika hanya satu (nilai jualnya), berarti masih harus dikembangkan lagi agar menjadi kawasan wisata yang menarik. Jadi, (wisatawan) tidak hanya (sekadar) datang, lalu pergi lagi (pulang),” jelasnya.

Kepala Kampung Doyo Lama Aser Marwery mengaku pemerintah Kabupaten Jayapura belum pernah membantu pengembangan objek wisata di Tungkuwiri. “Tungkuwiri dikelola masyarakat bersama pemerintah kampung, dan belum pernah dibantu pemerintah kabupaten.” (*)

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top