Pansus PON desak pemerintah pusat segera cairkan anggaran konsumsi

Stadion Utama PON Papua
Ilustrasi, Stadion Utama PON Papua - Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Panitia Khusus Pekan Olahraga Nasional atau Pansus PON DPR Papua, mendesak pemerintah pusat segera mencairkan anggaran kosumsi senilai Rp1,4 triliun kepada Panitia Besar (PB) PON XX Papua.

Anggota Pansus PON DPRP, Timiles Yikwa, mengatakan hingga kini belum ada kepastian kapan pemerintah akan mencairkan anggaran konsumsi itu.

Menurut Yikwa, belum adanya kepastian itu disampaikan PB PON XX, saat pihaknya menggelar rapat bersama pada awal pekan ini.

“Akhirnya kamipun sepakat mendesak pemerintah pusat segera mencairkan anggaran konsumsi ke PB PON. Sebab, waktu pelaksanaan PON semakin dekat. PB PON mesti melakukan berbagai persiapan. Anggaran itu nantinya akan diserahkan ke Sub PB PON kabupaten/kota,” kata Timiles Yikwa kepada Jubi, Kamis (5/8/2021).

Ketua komisi bidang olahraga DPRP itu mengatakan kini PB PON butuh anggaran sekitar Rp500 juta di luar konsumsi. Anggaran itu untuk menyiapkan tim relawan, operasi secretariat, dan pengamanan.

“Keterangan PB PON saat kami rapat, anggaran di sekretariat telah mereka distribusikan ke Sub PB PON kabupaten/kota,” ujarnya.

Timiles Yikwa mengatakan hingga kini PB PON XX juga masih menghitung kebutuhan dana tambahan yang akan diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Loading...
;

“Kami juga minta Pemprov Papua segera memberikan anggaran tambahan ke PB PON [Apabila PB PON sudah mengajukan permintaan]. Kita sekarang ini mesti fokus persiapan penyelenggaraan,” ucapnya.

Baca juga: KONI Papua berharap pandemi mereda agar PON bisa disaksikan penonton

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, mengatakan pihaknya juga belum tahu kapan pemerintah pusat mencairkan anggaran konsumsi itu.

“Dalam rapat rapat virtual [dengan pemerintah pusat], kami selalu mengingatkan agar anggaran itu segera dicairkan. Kami juga terus mendesak, namun hingga kini belum cair,” kata Yunus Wonda.

Menurutnya, hingga kini PB PON belum dapat melakukan persiapan berkaitan dengan konsumsi, karena belum anggaran belum cair.

“Kami sudah sudah memberikan kewenangan kepada setiap Sub PON kabupaten/kota untuk mempersiapkan penanganan konsumsi. Namun hingga kini anggaran belum cair,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top