Follow our news chanel

Previous
Next

Hari kedua, pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel daftar ke KPU Yalimo

papua-pilkada-yalimo-lakius-peyon-nahum-mabel
Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Yalimo, Lakius Payon dan Nahum Mabel, saat mendaftar ke KPU setempat di hari kedua pendaftaran - Jubi/Dok KPU Yalimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Hari kedua pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Yalimo-Papua, Sabtu (5/9/2020), baru satu pasangan bakal calon (balon) yang mendaftar ke KPU setempat, yaitu pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel.

Keduanya tiba di kantor KPU Kabupaten Yalimo pukul 15.25 Waktu Papua (WP), didampingi 11 gabungan partai politik pengusung.

Usai melakukan register, tim penghubung menyerahkan dokumen pencalonan kepada KPU Kabupaten Yalimo yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Yalimo, Yehemia Walianggen, didampingi empat komsisioner KPU dan komisioner Bawaslu.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, mengatakan bakal pasangan calon Lakius Peyon dan Nahum Mabel di hari kedua pendaftaran telah resmi datang menyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan dokumen syarat calon.

Namun setelah dilakukan penelitian dokumen syarat calon, ternyata di dokumen syarat calon, ada satu syarat yang belum terpenuhi, sehingga KPU Kabupaten Yalimo menyatakan tidak diterima dan dikembalikan ke bakal pasangan calon untuk dilengkapi kekurangannya.

“Hanya satu syarat yang belum terpenuhi, sehingga kami sampaikan apabila sudah terpenuhi, besok bisa disampailkan ke KPU kembali,” kata Yehemia Walianggen.

“Hari pertama tidak ada bakal pasangan calon yang mendaftar, di hari kedua tadi satu bakal pasangan calon yang mendaftar, syaratnya hampir lengkap, hanya satu syarat yang belum terpenuhi sehingga dokumennya dikembalikan,” sambungnya.

Loading...
;

Baca juga: Hari pertama, belum ada balon kepala daerah mendaftar ke KPU Yalimo

Sementara itu, Ketua Bawaslu Yalimo, Habakuk Mabel, saat dihubungi Jubi menyebut pihaknya mulai dari hari pertama pendaftaran terus mendampingi penyelenggara pilkada.

“Sejauh ini baru satu bakal calon pasangan yang datang mendaftar, setelah di hari pertama tak ada yang datang ke KPU. Bawaslu selalu mendampingi KPU dalam pendaftaran pasangan bakal calon, dan sejauh ini tidak terjadi masalah karena kita semua masih menunggu pendaftaran bakal calon lainya,” kata Mabel.

Pilkada Serentak 2020

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 akan digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2021. Sistem pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia.

Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan digelar serentak pada bulan Desember 2020. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah, dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Provinsi Papua ada 11 daerah yang akan menggelar pilkada, yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Nabire, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel.

Sementara di Provinsi Papua Barat ada 9 daerah, yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wintuni, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Wondama. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top