Follow our news chanel

Previous
Next

Pastikan menang 75 persen di Yahukimo, ABYU: Ini sudah

Papua
Deklarasi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Abock Busup MA dan Yulianus Heluka, SH di lapangan terbuka, eks Kantor Bupati Lama –Jubi/PiterLokon.

Dekai, Jubi  – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, Periode 2021-2026, Abock Busup MA dan Yulianus Heluka SH (ABYU) optimis menang hingga 75 persen di perhelatan Pilkada 2020.  Hal tersebut dikatakan Calon Bupati Yahukimo, Abock Busup saat deklarasi di lapangan terbuka eks kantor Bupati Yahukimo, Papua.

Koalisi ABYU Jilid II ini didukung 8 partai politik yang memiliki kursi di DPR Yahukimo yaitu PAN, Demokrat, PKB, Gerindra, PPP, PSI, PBB, PKS dan dua partai politik non kursi yaitu PDI Perjuangan dan Partai Garuda, dengan jumlah kursi 24 dari 35 kursi yang ada di DPR Yahukimo.

“Dengan dukungan 10 partai politik kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Abock Busup dan Yulianus Heluka maka berarti Yahukimo rumah kita bersama” kata Abock Busup.

Filosofi Rumah Kita Bersama ini muncul karena Kabupaten Yahukimo memiliki 12 Suku dan memiliki bahasa dan budaya yang berbeda. Tetapi perbedaan itu disatukan oleh Kabupaten yang saat ini ada.

“Visi Misi kita sebelumnya pake ‘Bangkit Mandiri dan Sejahtera, tetapi sekarang kami pake ‘Yahukimo Rumah Kita Bersama,” kata Abock Busup saat Deklarasi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati ABYU Jilid II di lapangan terbuka eks kantor Bupati lama.

Abock Busup mengatakan, tugas dan wewenang sebagai bupati dan wakil bupati di Yahukimo masih setahun lagi, atau berakhir pada April 2021. Untuk itu, ia bersama wakilnya akan melanjutkan kerja-kerja yang belum selesai dalam pemerintahan sekarang, di periode berikutnya.

“Kenapa saya katakan lanjutkan, karena saya dan Wakil Bupati masih ada masa jabatan sebagai Bupati dan wakil Bupati Yahukimo satu tahun lagi. Kita akan berakhir tanggal 16 April 2021. Saya memanggil OPD dan kepala kampung, jangan khawatir (bukan menyalahgunakan wewenang) karena itu bawahan saya dan memang kami atur untuk pemerintahan atau koordinasi kerja,” kata Abock Busup.

Loading...
;

Angka kemenangan 75 persen ini pun timbul dari dukungan 10 partai politik yang delapan parpol tersebut memiliki 24 kursi di DPRD Yahukimo, dan dua non kursi. Yang bisa diartikan, ada 75 persen suara yang bisa bulat mendukung pasangan ABYU Jilid II.

“75 persen itu sudah merangkum dalam 517 kampung dan 51 distrik, 131 Lapangan terbang itu semua kita sudah dihitung, kami sudah menentukan dan siapa yang ada di kami dan siapa yang ada di luar, kami sudah tahu, karena itu kita kembali ke Yahukimo rumah kita bersama,” kata Abock Busup.

Sementara itu,Wakil Bupati Yahukimo Yulianus Heluka mengatakan, dengan dilaksanakannya deklarasi ini maka pasangan calon Abock Busup dan Yulianus Heluka telah dipercaya oleh masyarakat.

“ABYU bahasa suku Yali, Hubla, Ngalik bahwa AP artinya Laki-laki, YU artinya ini, maka ABYU ‘laki-laki ini’ sudah. Jadi kata-kata ini diberikan oleh seleksi alam,” kata Wakil Bupati. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top