Follow our news chanel

Previous
Next

Pelaku IKM diminta manfaatkan platform digital

papua-ikm-kota-jayapura
Wakil Ketua Dekranasda Kota Jayapura sekaligus Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, saat mendampingi Ketua Dekranasda Kota Jayapura, Kristhina Mano, menyerahkan bantuan bahan baku dan perelatan kepada pelaku IKM - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, mengimbau kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) agar memanfaatkan media online sebagai tempat berjualan guna meningkatkan penjualan.

“Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas melalui platform digital,” ujar Awi kepada Jubi di Kantor Wali Kota Jayapura, usai acara penyerahan bantuan bahan baku dan peralatan kepada pelaku usaha IKM di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (25/9/2020).

Menurut Awi, dengan memanfaatkan platform digital sebagai media penjualan usaha yang digeluti para pengrajinn noken, mahkota, dan pengrajin aksesoris bisa berkembang dan bertahan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha di Papua, di antaranya IKM yang mengeluh akibat penjualan mereka menurun drastis sehingga berdampak pada pendapatan. Meski demikian, Awi mengimbau agar para pelaku IKM tetap semangat dalam menjalankan usaha.

“Yang terpenting sekarang adalah terus memperbaiki kualitas produk usaha, sebab ini yang dapat menarik minat masyarakat untuk membeli. Terus melakukan promosi dan menjaga kepercayaan masyarakat sehingga semakin banyak pembeli,” ujar Awi.

Awi menambahkan sebagian besar pelaku IKM di Kota Jayapura dan Papua sudah bisa memanfaatkan teknologi karena dilengkapi dengan jaringan internet dan handphone yang bisa membantu mereka dalam penjualan.

“Pelaku IKM jumlahnya ada 600 orang. Saya berharap bisa memanfaatkan internet untuk penjualan supaya usaha bisa berkembang, apalagi di saat pandemi Covid-19 ini,” ujar Awi.

Loading...
;

Baca juga: Pelaku IKM Kota Jayapura terima bantuan Dekranasda

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan manfaat pemasaran produk usaha melalui online, yaitu tidak terbatas ruang dan waktu, biaya pemasaran lebih murah, kemudahan memilih target pasar, kemudahan mengelola barang, dan pelayanan lebih fokus.

“Kuncinya adalah tetap jaga kualitas dan kuantitas produk yang dikerjakan sehingga menarik minat pembeli, dan tentunya dapat meningkatkan penjualan,” ujar Tomi Mano.

Menurut Tomi Mano, internet marketing tidak hanya soal penjualan, tapi juga soal promosi, branding, dan membangun hubungan dengan konsumen yang dilakukan secara online.

“Saya minta terus lakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha di Kota Jayapura supaya bisa memahami penggunaan internet agar bisa menanfaatkannya untuk media penjualan,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top