Follow our news chanel

Previous
Next

Pelaku usaha diminta dukung usaha tani masyarakat

papua-pedagang-OAP
Mama-mama Papua saat menjual hasil kebun mereka di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Di saat pandemi Covid-19 ini, banyak warga masyarakat Kabupaten Jayapura, Papua yang mengelola pertanian, baik umbi-umbian maupun sayur-sayuran. Mereka berharap para pelaku usaha di daerah ini dapat membantu memasarkan hasil kebun masyarakat.

“Karena didukung dengan dana kampung sehingga besar kemungkinan akan banyak produk-produk pertanian yang berjangka pendek, baik sayur mayur maupun umbi-umbian. Untuk itu kami berharap kerja sama dari pelaku-pelaku usaha, baik hotel, restoran, dan mall untuk membantu memasarkan hasil dari masyarakat petani itu,” kata Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto, dalam acara pertemuan PKL di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, akhir pekan lalu.

Edi berharap Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jayapura dapat mengkoordinir anggotanya untuk mendukung usaha kelompok masyarakat ini.

“Kualitas seperti apa yang bisa dipasarkan di toko atau tempat usaha, dan juga kualitas seperti apa yang dijadikan bahan baku makanan jadi di restoran dan hotel-hotel,” katanya.

Baca juga: MRP: masyarakat harus kembali berkebun

Dengan begitu, imbuh Edi, masyarakat akan sangat terbantu dan ini akan makin memotivasi masyakarat untuk berkebun. Dengan begitu, ekonomi di Kabupaten Jayapura akan segera pulih.

“Besar kemungkinan hasil produk masyarakat sudah bisa dikembangkan di bulan Juli ini. Di Kantor Bupati Jayapura ini, setiap hari Senin dan Jumat ada pasar tani untuk membantu memasarkan hasil kebun dari masyarakat,” tutur Edi Susanto.

Loading...
;

Selain sayur mayur dan umbi-umbian, hasil produksi perikanan dari masyakarat kampung juga akan disediakan, sehingga ikan hasil produksi masyarakat ini bisa dibeli di satu tempat.

“Tempat produksi perikanan ini ada di dekat Hotel Meta Star, ada lewat empat atau lima ruko. Di situ ada yang dari Demta dan Depapre. Restoran dan hotel diharapkan dapat mengambil produk-produk tani yang disediakan dan itu dijamin,” ucap Edi.

Baca juga: PKL di Sentani keluhkan pembatasan waktu beraktivitas

Ketua Forum Pedagang Kaki Lima (PKL) Kabupaten Jayapura, Adiwinoto, mengatakan dengan apa yang dilakukan pemerintah ini memudahkan PKL dalam menyiapkan stok sayuran dan daging.

“Kami pedagang lalapan ini membutuhkan sayur yang banyak dan juga daging yang banyak, kalau memang bisa disediakan dalam jumlah banyak, kami siap untuk bekerja sama,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top