Follow our news chanel

Previous
Next

Pembangunan talud tertunda karena pandemi korona

papua-kepala-bpbd-kota-jayapura
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jayapura-Papua, Bernard J. Lamia, saat diwawancara - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura-Papua, Bernard J. Lamia, mengatakan pembangunan beberapa item dari sejumlah fasilitas publik tahun ini dipastikan tertunda karena pandemi korona. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 yang sudah disiapkan tahun ini terpaksa dialihkan ke Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk penanganan pandemi korona.

“Untuk pekerjaan pembuatan talud di daerah rawan longsor, misalnya, kami mohon maaf untuk sementara kami tunda. Ada delapan titik yang (sudah) direncanakan tahun ini terpaksa belum bisa kami kerjakan,” jelas Lamia, saat ditemui Jubi di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Senin (3/8/2020).

“Anggaran yang sudah diplot untuk pembangun delapan talud tersebut sebesar Rp4 miliar lebih. Dana ini untuk kegiatan fisik itu,” imbuhnya.

Lamia minta warga Kota Jayapura agar melakukan pencegahan di area rawan longsor, seperti menanam pohon, sehingga terhindari dari bencana.

“Jangan membangun di daerah rawan longsor, seperti di APO, Skyline, Waena, Buper, dan SMA 4 Jayapura. Pembuatan talud ini untuk mencegah longsor,” ujar Lamia.

Baca juga: Jaga Pantai Holtekamp dari ancaman abrasi

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan tanah longsor adalah proses perpindahan tanah yang di dalamnya terdapat batu serta material organik maupun anorganik secara tiba-tiba, yang biasanya terjadi di wilayah lereng dengan kemiringan 45 derajat.

Loading...
;

“Upaya mencegah tanah longsor dapat dilakukan dengan tidak mendirikan rumah di bawah tebing, tidak menebang pohon, karena air yang turun tidak mampu di tanah sehingga terjadilah longsor, ” ujar Pekey.

Menurut Pekey, jumlah kejadian tanah longsor semakin meningkat memasuki musim penghujan, terutama di daerah perbukitan terjal.

“Harus gencar melakukan antisipasi. Kalau terjadi longsor maka yang rugi bukan hanya harta benda tapi juga bisa menelan korban jiwa,” ujar Pekey. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top