Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Pasra Hamadi, Kota Jayapura, Papua
Aktivitas jual beli di Pasar Hamadi, Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Pemkot Jayapura diminta perbanyak tempat cuci tangan di pasar

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebagai upaya dari mencegah penyebaran virus korona khususnya di pasar tradisional, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua diminta memperbanyak tempat cuci tangan umum atau wastafel portable, yang mudah dijangkau masyarakat.

“Ini sangat penting supaya pembeli dan pedagang tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar salah satu warga Kota Jayapura, Amelia Maniani, saat ditemui Jubi di Pasar Hamadi, Sabtu (20/2/2021).

Menurut Maniani, masyarakat selalu terjaga kebersihannya baik sebelum masuk pasar maupun saat keluar pasar untuk mencegah virus korona atau Covid-19 di ibukota Provinsi Papua tersebut.

Kitong (kami) ini butuh tempat cuci tangan. Dulu pernah ada di depan pasar, tapi sekarang airnya tidak ada hanya tempat cuci tangan saja,” ujar Amelia.

Amelia berharap bila Pemerintah Kota Jayapura sudah menyiapkan tempat cuci tangan, supaya dijaga dengan baik bahkan saat air di galon sudah habis harus segera diisi.

“Mencegah penularan virus korona ini merupakan tanggung jawab bersama. Saya kalau ke pasar selalu pakai masker, masuk dan keluar pasar saya sedia hand sanitizer,” ujar Amalia.

Baca juga: 90 persen warga Kota Jayapura belum patuhi protokol kesehatan

Loading...
;

Warga lainnya, Matius, mengaku sangat mengapresiasi pedagang atau pengusaha di sekitar Pasar Hamadi yang sudah menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga setiap pengunjung maupun warga yang sedang lewat bisa mencuci tangan.

“Dengan adanya tempat cuci tangan, sebelum kita masuk pasar terlebih dahulu sudah disediakan tempat cuci tangan, sabun cair supaya lebih bersih,” ujar Matius.

Matius menambahkan dengan mematuhi protokol kesehatan salah satunya rutin mencuci tangan, dengan cepat dapat memutus penyebaran virus korona.

Pada kesempatan ini, Jubi melihat sebagian besar pedagang dan pembeli di Pasar Hamadi belum menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top