Covid-19

Pemkot Jayapura masih evaluasi pelaksanaan PTM

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, JubiPemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua masih akan melakukan evaluasi terkait penerapkan pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah meski penyebaran Covid-19 sudah melandai.

“Masih harus dilakukan evaluasi, apakah awal April 2022 sudah bisa dilakukan PTM 100 persen untuk sekolah PAUD [pendidikan anak usia dini], SD [sekolah dasar], dan SMP [sekolah menengah pertama],” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Hotel Batiq Entrop Jayapura, Senin (28/3/2022).

Dikatakan Rustan, peserta didik terutama tingkat sekolah PAUD sudah lama merindukan ingin belajar di sekolah, sekaligus ingin kumpul dan bermain bersama teman dan guru dalam proses belajar mengajar, baik di dalam maupun luar kelas.

“Anak-anak PAUD sangat gembira karena sangat merindukan pembelajaran tatap muka ini. Sekarang pasien Covid-19 yang sedang dirawat berjumlah 21 orang. Kalau 1 April sudah nol kasus bisa dilakukan PTM 100 persen,” ujar Rustan.

Dikatakan Rustan, terkait PTM 100 persen di sekolah sudah dilakukan pemantauan terkait kesiapan, baik sekolah, guru, dan siswa di satuan pendidikan tingkat PAUD, SD, dan SMP sehingga saat diberlakukan tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Sekarang masih atur jadwal atau shift dua kali pembelajaran secara daring atau online maupun belajar di sekolah. Ini semua demi menjaga anak sekolah tetap aman dan nyaman mengikuti pelajaran agar tidak ketinggalan, apalagi dalam waktu dekat anak SD kelas enam akan melakukan ujian akhir semester atau UAS,” ujar Rustan.

Rustan berharap penerapan PTM di sekolah nantinya berjalan dengan lancar. Untuk itu, Pemkot Jayapura selalu mengimbau agar menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada sehingga kasus Covid-19 tidak melonjak lagi.

Baca juga: Pemkot Jayapura targetkan awal April nol pasien Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Debora Rumbino mengatakan, sudah melakukan evaluasi bersama komite sekolah terkait kesiapan PTM 100 persen di sekolah termasuk sarana dan prasarana.

“Di sekolah ada Satgas [satuan tugas] Covid-19 juga sehingga setiap anak tetap mengikuti proses belajar mengajar sesuai protokol kesehatan. Guru-guru juga sebagian sudah divaksinasi minimal dua kali kecuali yang ada komorbid melakukan pembelajaran secara daring atau dari rumah,” ujar Rumbino.

Dikatakan Rumbino dalam pemantauan di semua tingkat satuan pendidikan dalam satu minggu terakhir dipastikan pelaksanaan PTM di sekolah berjalan dengan lancar karena sudah sesuai protokol kesehatan.

“Siswa-siswi sudah rindu ingin belajar tatap muka di sekolah. Kami juga mengimbau orang tua agar menjaga anak-anak mereka saat berada di rumah serta mendampingi mereka saat belajar daring agar tidak ketinggalan mata pelajaran,” ujar Rumbino. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Ramah

Recent Posts

4 mahasiswa yang ditangkap dalam pembubaran demo tolak pemekaran di Nabire dibebaskan

Papua No. 1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi – Kepolisian Resor Nabire menangkap empat…

6 months ago

Persitoli juara Piala Pertiwi, Ketum PSSI puji totalitas Bupati Tolikara

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh…

6 months ago

Widodo Cahyono Putra tetap yakin Persipura bisa cepat bangkit dan kembali ke Liga 1

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putra…

6 months ago

Walau menang tiga gol, Persipura tetap terdegradasi

Papua No.1 News Portal | Jubi Jayapura, Jubi - Persipura Jayapura akhirnya harus terlempar ke…

6 months ago

Tersangka korupsi dandes beserta barang bukti dilimpahkan ke Kejari Jayawijaya

Papua No.1 News Portal | Jubi Wamena, Jubi - Kepolisian Resor (Polres) Jayawijaya, Kamis (31/3/2022),…

6 months ago

Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura teken MoU dengan Yayasan Internet Indonesia

Papua No.1 News Portal | Jubi Sentani, Jubi - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)…

6 months ago