Follow our news chanel

Previous
Next

Pemkot Jayapura akan terapkan tertib parkir di Pantai Hamadi

papua-pantai-hamadi-parkir
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, bersama OPD terkait saat memantau tempat yang akan dijadikan lokasi parkir bagi pengunjung di lokasi wisata Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Untuk menjamin kenyamanan pengunjung di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura-Papua, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mulai menata parkir kendaraan pengunjung di tempat wisata tersebut. Awal September, di tempat wisata pantai Hamadi akan mulai diterapkan tertib parkir.

Ada dua lokasi yang direncanakan sebagai tempat parkir kendaraan para pengunjung, yakni bagian timur menuju jembatan Youtefa dan sebelah utara saat masuk jembatan Youtefa. Setiap kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Mobil harus membayar Rp5.000 per satu jam dan sepeda motor Rp2.500 per satu jam.

Pemerintah Kota Jayapura mengklaim setiap lokasi parkir mampu menampung 50 hingga 100 kendaraan, baik mobil maupun motor. Penataan lokasi parkir ini, selain untuk memberikan rasa nyaman juga untuk menghindari kemacetan.

Pasalnya, setiap akhir pekan dan hari libur, akses jalan ke tempat wisata ini selalu macet, mulai dari masuk lokasi wisata pantai hingga jembatan Youtefa. Hal ini disebabkan karena pengunjung kurang tertib memarkir kendaraannya.

Baca juga: Pantai Hamadi mulai dipadati pengunjung

Untuk memastikan ketertiban parkir di lokasi wisata Pantai Hamadi, Pemkot Jayapura-Papua akan menempatkan 10 petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan 10 petugas dari Dinas Perhubungan untuk berjaga-jaga, khususnya setiap Sabtu dan Minggu.

“Pendapatan parkir akan kami bagi dua dengan pemilik hak ulayat, yaitu 70 persen untuk pemilik ulayat dan 30 persen untuk Pemerintah Kota Jayapura. Hari itu juga langsung dibagi uangnya dengan pemilik hak ulayat,” ujar Rustan, di Pantai Hamadi, Rabu (26/8/2020).

Loading...
;

Rustan minta supaya tertib parkir di lokasi wisata Pantai Hamadi secepatnya bisa diterapkan. Pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dulu, mulai pekan ini, sehingga awal September tertib parkir di pantai Hamadi sudah bisa diterapkan.

Pemerintah Kota Jayapura juga akan memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung di Pantai Hamadi, misalnya bagi setiap warga yang ingin ke jembatan Youtefa, disiapkan bus gratis. Begitu juga dari arah jembatan Youtefa yang ingin ke Pantai Hamadi.

Salah seorang pemilik hak ulayat yang tempatnya akan dijadikan lokasi parkir di kawasan wisata Pantai Hamadi, Kota Jayapura-Papua, Yohanes Hassor, mengaku setuju penertiban parkir di lokasi wisata Pantai Hamadi diterapkan supaya lalu lintas tertib dengan rapi.

“Paling bagus rencana penertiban parkir ini, nanti kami juga dapat biaya dari parkir ini, dan yang lebih membanggakan lagi karena Pemerintah Kota Jayapura minta izin. Saya punya luas lahan ada 60×90 meter. Masukan saya kepada pemerintah supaya lokasi parkirnya nanti dipasangi pagar,” ujar Hassor. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top