Pemulung di Merauke siap kirim sampah anorganik satu kontainer ke Surabaya

papua-danuarti-pemulung-merauke
Danuarti dan sampah anorganik yang selama ini dikumpulkannya dan siap dikirim ke Surabaya – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Danuarti (55) tahun, seorang pemulung di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua telah mengepak sampah anorganik berupa botol plastik, kaleng, kardus, dan lain-lain yang diperkirakan sekitar satu container, siap dikirim ke PT Sumber Plastik Surabaya, Jawa Timur.

Saat ditemui Jubi, Rabu (25/11/2020), Danuarti mengaku telah menggeluti pekerjaan sebagai pemulung sejak tahun 2007. Hanya saja, pengiriman sampah anorganik baru perdana dilakukan. Jika tak ada hambatan, bulan Desember akan dilakukan pengiriman ke Surabaya.

Dikatakan, dirinya bersama dua anaknya saban hari berkeliling kota atau masuk dari rumah ke rumah serta toko mencari sampah anorganik. Sampah yang sudah terkumpul dibawa pulang ke rumahnya untuk dipilah.

Setelah dipilah, jelas dia, sampah dimasukkan dalam mesin pres. Setelah dipres, sampah dikemas dan dipisahkan menurut jenis sampah, mulai dari botol plastik, kardus, kaleng, dan lain-lain.

Saat ini, sampah sudah terkumpul sangat banyak, tinggal menunggu pengiriman saja.

“Memang harga beberapa jenis sampah anorganik di Surabaya sangat mahal, jika dibandingkan di Papua. Saya sudah mengecek ke perusahaan dan mereka siap membeli dalam jumlah banyak,” ungkapnya.

Dia juga mengaku sudah memproduksi pupuk dari sampah-sampah yang dikumpulkan.

Loading...
;

“Berulang kali saya memproduksi pupuk dari sampah yang dikumpulkan sekaligus dijual. Biasanya per karung dijual Rp30 ribu,” katanya.

Baca juga: Sesilia Jikwa, murid SD bantu mamanya berjualan

Menyangkut bantuan peralatan, Danuarti mengaku sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah setempat.

“Tidak tahu bagaimana cara mengusulkan. Peralatan seadanya yang saya gunakan ini, kebetulan dari seorang teman yang menjual, sehingga saya membeli, tetapi mencicil,” ungkapnya.

Danuarti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan, yang menyempatkan waktu datang di tempatnya, sekaligus melihat sampah anorganik yang dikumpulkannya selama ini.

papua-dominikus-ulukyanan
Wakil Ketua II  DPRD Merauke, Dominikus Ulukyanan, saat melihat sampah yang dikumpulkan Danuarti – Jubi/Frans L Kobun

Sementara, Wakil Ketua II  DPRD Merauke, Dominikus Ulukyanan, memberikan apresiasi kepada Danuarti yang sangat ulet dan tekun mencari sampah anorganik sekaligus mengolahnya.

“Saya kira ini langkah yang sangat baik dilakukan, apalagi Danuarti juga tak hanya bekerja sendiri. Tetapi ada anak Papua dipekerjakan sekaligus dilatih mengolah sampah anorganik menjadi uang,” ungkapnya.

Ulukyanan menambahkan dirinya telah melihat langsung tempat Danuarti yang mengumpulkan sampah dan ia berjanji akan memperjuangkan sejumlah peralatan agar diberikan.

“Saya tak tinggal diam tetapi akan menyuarakan beberapa permintaan Danuari,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top