Pemungutan suara Pilkada Boven Digoel digelar 28 Desember

Papua
Ilustrasi Pilkada - Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Boven Digoel, Papua akan dilangsungkan pada 28 Desember 2020. Penundaan pemungutan suara itu dilakukan karena terjadi sengketa pasca keputusan KPU mencoret nama Yusak Yaluwo dari daftar calon Bupati Boven Digoel.

Pada 18 Desember 2020, Gubernur Papua, Lukas Enembe telah menerbitkan surat bernomor 277/21337/SET. “Kami menetapkan proses pemungutan suara susulan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel dilaksanakan pada Senin, 28 Desember 2020, dengan tetap berpedoman pada ketentuan perundangan-undangan yang berlaku,” demikian surat Gubernur Papua yang salinannya diterima Jubi pada Selasa (22/12/2020) itu.

Sebelumnya, KPU menunda Pilkada Kabupaten Boven Digoel karena ada sengketa terkait keputusan KPU mencoret nama Yusak Yaluwo dari daftar calon Bupati Boven Digoel. Pencoretan itu dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 584/ PL.02.2-Kpt/06/KPU/XI/2020, tertanggal 28 November 2020. Yaluwo dianggap tidak memenuhi syarat menjadi calon Bupati Boven Digoel karena ia adalah terpidana kasus korupsi dan belum memenuri syarat jeda lima tahun sejak ia menyelesaikan hukuman penjaranya. Akan tetapi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Boven Digoel akhirnya meloloskan Yusak Yaluwo untuk dicalonkan sebagai Bupati dalam Pilkada Kabupaten Boven Digoel 2020.

Baca juga: Pilkada Boven Digoel resmi ditunda

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay mengatakan logistik serta surat suara yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pemungutan suara itu telah tiba di Tanah Merah, ibu kota Kabupaten Boven Digoel. Saat ini, KPU setempat tengah menyortir dan melipat surat suara itu.

Kossay menyatakan pemungutan suara di Boven Digoel digelar setelah Natal, agar tidak mengganggu perayaan Natal. “Ini yang menjadi pertimbangan kami. Disamping itu, pendistribusian logostik juga memerlukan waktu,” katanya.

Pilkada di Kabupaten Boven Digoel diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Mereka adalah pasangan Lukas Ikwaron-Lexi Romel, Chaerul Anwar-Nathalis B Kaket, Martinus Wagi-Isak Bangri dan Yusak Yaluwo-Yacob Waremba.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top