Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Pemasangan paving block di halaman venue Hoki Doyo Baru / Dok. Kementerian PUPR

Penataan kawasan Doyo Baru lambat dari target akibat pandemi Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Penataan kawasan kompleks olahraga di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, berjalan lambat dari target yang direncanakan. Kawasan ini akan menjadi venue pertandingan bagi sejumlah cabang olahraga pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang di Bumi Papua.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, Anggoro Putro memaparkan, hingga 3 November 2020 atau minggu ke-48 pengerjaannya, progres penataan kawasan kompleks olahraga di Doyo Baru mencapai 65,80 persen. Ini telat dari target perencanaan yakni 67,32 persen.

Selain tengah berada pada situasi pandemi Covid-19, faktor cuaca dan pemalangan lokasi beberapa waktu lalu juga menjadi faktor yang sedikit menghambat.

“Kami dari PUPR berharap sarana dan infrastruktur yang sudah dibangun dapat terus dipertahankan dan bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan,” ujar Anggoro, Kamis (12/11/20).

Berbeda dengan kawasan kompleks olahraga Doyo Baru, Anggoro menyebutkan jika penataan kawasan olahraga di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura masih berjalan progresif. Bahkan pengerjaannya sudah melebihi target yang direncanakan.

“Terhitung hingga tanggal 3 November realisasinya sudah 41,70 persen dari rencana 37,74 persen. Kami menangani penataan kawasannya saja. Progres penataan kawasannya sampai saat ini berjalan sangat progresif. Hampir tidak ada kendala teknis yang kami temui di lapangan,” jelas Anggoro.

Hanya saja diakuinya, jika permasalahan yang ditemui pihaknya saat ini yakni faktor non teknis, yang mana masih terdapat 12 rumah warga yang berada dalam kawasan olahraga Kampung Harapan.

Loading...
;

“Masalah yang ada hanya kendala non teknis yaitu masih adanya 12 rumah warga di kawasan kompleks Stadion kampung harapan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Papua, mengingat kawasan tersebut sudah masuk dalam masa perawatan dan pemeliharaan.

“Ya tentunya kita berharap Pemerintah Provinsi Papua dapat segera menuntaskan masalah 12 rumah warga itu,” jelasnya.

Dalam rapat terbatas penyelenggaraan PON XX bersama Presiden Joko Widodo berapa waktu lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa penyelesaian pembangunan venue olahraga PON XX dilaksanakan dengan cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasannya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

“Diharapkan terselesaikannya venue PON tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan warga Papua saja, namun juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia serta dapat mendorong para anak muda, khususnya atlet-atlet Papua lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik dikancah nasional maupun internasional,” kata Menteri Basuki.

Sekadar diketahui, di kawasan kompleks olahraga Doyo Baru ini terdapat empat venue pertandingan cabang olahraga bertaraf internasional, di antaranya Lapangan Hoki Indoor dan Outdoor, Lapangan Kriket dan Rugby. (CR-4)

Editor : Edho Sinaga

Scroll to Top