Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Penerbangan Yahukimo dibuka, pelajar prioritas utama keluar Dekai

Papua-Bupati Yahukimo-Abock Busup
Bupati Yahukimo, Abock Busup - Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Papua resmi membuka penerbangan Jayapura-Dekai pp guna mengangkut para penumpang yang akan keluar daerah dan masuk ke ibukota Yahukimo tersebut.

Walaupun Pemkab Yahukimo sudah membuka akses penerbangan untuk keluar masuk daerah zona hijau atau bebas dari Covid-19, namun para calon penumpang harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan pemerintah, yaitu mengikuti protokol kesehatan.

“Tadi kita sudah terbitkan surat Bupati Yahukimo untuk izinkan kami sudah buka. Dari Jayapura ke Yahukimo kan dari Pemerintah Provinsi Papua. Kalau dari Yahukimo ke Jayapura kita sudah terbitkan surat keputusan bupati, mulai 22 Juni 2020 bisa dibuka, terutama para pelajar ini. Yang selesai (lulus) SMA (mau) lanjutkan kuliah di Jayapura, atau tamat SMP bisa melanjutkan SMA di Jayapura. Sehingga kita juga memperhatikan protokol kesehatan untuk itu. Saya sudah tugaskan kepada Dinas Perhubungan untuk bekerja sama dengan Kepala Bandara Nop Goliat Dekai, untuk bisa atur sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Bupati Yahukimo, Abock Busup, kepada Jubi, Kamis (18/6/2020).

Penerbangan Yahukimo dibuka, pelajar prioritas utama keluar Dekai 1 i Papua

Para penumpang yang akan keluar dari Yahukimo ke Jayapura, terutama kepada para siswa dan siswi yang melanjutkan studi di Jayapura dan luar Jayapura tersebut, harus mengikuti protokol kesehatan dengan mengikuti tes kesehatan dan membawa surat bebas virus Corona.

“Warga masyarakat bisa melakukan rapid test terlebih dahulu. Apabila hasil rapid test non-reaktif maka bisa berangkat ke Jayapura. Syarat kedua wajib membawa hand sanitizer atau cairan pencuci tangan. Ketiga membawa surat dari kesehatan bebas Covid-19. Penumpang yang diizinkan pemerintah setiap maskapai itu penumpang hanya 50 persen saja. Dari 70 penumpang bisa 30 penumpang saja naik untuk menghindari penyebaran Corona dan lain-lain. Kursi selama ini duduknya dua-dua orang, tetapi besok duduknya satu-satu orang,” terang Bupati Abock Busup.

Walaupun Yahukimo masuk kategori zona hijau dan daerah tujuan masuk kategori zona merah namun perlakuannya mengikuti protokol kesehatan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. Sebalikya, dari Bandara Sentani Jayapura jika hendak ke Yahukimo juga diwajibkan setiap penumpang diperiksa kesehatan, membawa hand sanitizer, selalu pakai masker, serta membawa surat bebas Covid-19.

“Dari Jayapura ke Yahukimo hasil rapid test non-reaktif baru bisa naik, kalau reaktif tidak bisa naik ke Dekai (Yahukimo) tetapi harus tinggal di Jayapura,” jelasnya.

Loading...
;

Dengan dilakukan pembatasan penumpang untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan mengikuti protokol kesehatan tersebut, Bupati Busup mengatakan harga tiket tetap normal.

“Harga tiket tetap normal Rp800-900 dan Rp1 juta. Pemerintah tidak subsidi, ini kan Covid-19,” katanya.

Ditanya terkait biaya untuk keberangkatan siswa dari Yahukimo ke Jayapura, Bupati Busup mengatakan biaya sendiri dan pemerintah hanya membuka akses penerbangan.

“Kita buka penerbangannya sehingga mereka bisa melanjutkan sekolah atau kuliah,” kata Bupati Abock Busup.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Ninia, Musa Husage, mengatakan sebanyak 110 siswa yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) lulus 100 persen.

“Kami sudah dengar hasil  secara online dan anak-anak saya ada 110 siswa dan semuanya lulus. Dari 110 tersebut terdiri dari jurusan IPA 36 siswa dan jurusan IPS 74 siswa. Tugas kami sudah meluluskan siswa 100 persen maka besar harapan semua siswa melanjutkan ke perguruan tinggi, kedua menjaga integritas sekolah maupun orangtua,” kata Musa Husage. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top