Follow our news chanel

Previous
Next

Pengelola wisata pantai keluhkan sampah

papua-pantai-hamadi
Warga sedang berwisata di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Masalah lingkungan yang banyak ditemukan di kawasan wisata pantai adalah sampah yang mengotori pantai. Terdapat dua jenis sampah yang mengotori pantai, yaitu sampah dari aktivitas wisata dan sampah bawaan dari laut.

“Problem kami saat ini adalah sampah kiriman dari laut. Pantainya bersih cuma air lautnya yang tercemar dengan sampah plastik,” ujar Andy Merauje, seorang pengelola objek wisata di Pantai Hamadi, Kota Jayapura-Papua, Senin (24/8/2020).

Menurut Merauje, hingga saat ini masalah sampah kiriman dari laut yang bermuara ke lokasi wisata pantai belum tertangani dengan baik.

“Kalau warga buang sampahnya ke laut pasti hanyutnya ke pantai. Ini juga yang dikeluhkan wisatawan. Kalau bisa jangan buang sampah ke laut karena mencemari laut dan pantai,” ujar Merauje.

Merauje mengaku untuk pengelolaan sampah dari aktivitas wisata selalu dikumpulkan dan ditempatkannya di bahu jalan sehingga mudah diambil oleh petugas kebersihan dari Pemerintah Kota Jayapura, Papua.

“Jangan sampai pantai yang sudah ramai ini malah ditinggalkan oleh pengunjung karena sampah kiriman dari laut yang pengelolaanya tidak efektif,” ujar Merauje.

Baca juga: Pantai Hamadi mulai dipadati pengunjung

Loading...
;

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Pariwisata Kota Jayapura untuk koordinasi dengan semua pemilik kafe, rumah makan, restoran untuk pengelolaan sampah. Sampah yang dihasilkan dari tempat-tempat itu harus dibuang di tempat penampungan sampah.

“Kami minta juga warga agar tidak membuang sampah sembarangan, termasuk buang sampah ke laut, karena akan mengotori laut yang membuat laut tercemar, dan tentunya muaranya ke pantai,” ujar Rustan.

Rustan berharap warga di Kota Jayapura sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan karena kebersihan bagian dari iman. Sampah yang dibuang sembarangan juga berdampak pada kesehatan dan menimbulkan bau. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top