Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-wawali-kota-jayapura-sidak-opd
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, saat melakukan peninjauan kantor OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Peningkatan standar pelayanan publik penting untuk pengendalian Covid-19

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengendalikan pandemi Covid-19 adalah dengan meningkatkan standar pelayanan publik.

Layanan di instansi pemerintah, swasta, maupun di tempat-tempat yang banyak didatangi masyarakat, mulai menerapkan kebiasaan baru terkait protokol kesehatan untuk pencegahan penularan korona, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta pengukuran suhu tubuh saat masuk di area perkantoran, pusat perbelanjaan, atau tempat umum lainnya.

“Peningkatan standar pelayanan publik akan menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, saat memantau pelaksanaan pembangunan Puskesmas Imbi dan Puskesmas Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/10/2020).

Selain penerapan protokol kesehatan, dikatakan Rustan, penyediaan informasi pada penyelenggara layanan sangat penting untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait Covid-19.

“Sehingga masyarakat bisa mencegah terjadinya kerumunan massa di ruang pelayanan karena itu salah satu upaya mencegah terjadinya penularan korona, yakni dengan menjaga jarak,” kata Rustan Saru.

Baca juga: Penanganan pandemi Covid-19, kewajiban dan tanggung jawab pemerintah

Rustan mencontohkan, untuk mencegah penularan korona di tempat pelayanan publik, pemberian giliran waktu kedatangan pengambilan nomor antrean bagi pengguna layanan, juga berperan penting untuk mencegah kerumunan massa.

Loading...
;

Selain itu, imbuhnya, tempat layanan juga harus menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan, melakukan disinfeksi di dalam dan luar kantor sebelum pelayanan publik dimulai, dan selalu mengimbau pengguna layanan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Semua ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat dari paparan virus korona. Kita tidak tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir, tapi kita wajib waspada dan menjaga diri,” ujar Rustan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan saat ini penerapan protokol kesehatan di tempat layanan publik sudah menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat.

“Masyarakat membutuhkan pelayanan prima, cepat, tepat, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan. Pemerintah hadir untuk masyarakat. Sebagai abdi negara maka sudah menjadi kewajiban memberilan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat supaya masyarakat merasakan kehadiran pemerintah,” ujar Pekey.

Pelayanan prima ini, kata Pekey, untuk masa pandemi Covid-19, harus ditambah dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin.

Pekey minta masyarakat juga mendukung pemerintah dalam memberikan pelayanan publik, yang membuat pemerintah harus terus berinovasi meski di tengah pandemi Covid-19. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top