Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-kepala-bpbd-kota-jayapura
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jayapura, Bernard J. Lamia, saat diwawancara - Jubi/Ramah

Pentingnya mitigasi bencana di tengah pandemi Covid-19

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kota Jayapura, Provinsi Papua, Bernard J. Lamia, mengaku mitigasi bencana di tengah pandemi Covid-19 sangat penting untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Kami utamakan dulu dalam internal kami dengan memberikan pelatihan mitigasi tanggap darurat Covid-19, sebab bila petugas kami sakit akan sangat sulit untuk melakukan pelayanan,” ujar Lamia kepada Jubi melalui telepon, Senin (26/10/2020).

Pelatihan mitigasi tanggap darurat Covid-19 itu dilakukan, dikatakan Lamia, untuk menyamakan pemahaman tentang bagaimana menghadapi situasi pandemi, apa saja yang disiapkan dari sisi menjaga imunitas, dan kesehatan di kantor sesuai SOP (Standar Operasi Prosedur) protokol kesehatan.

Dikatakan Lamia, selain meningkatkan pelatihan mitigasi (upaya untuk mengurangi risiko bencana dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana) khususnya tanggap darurat Covid-19, pembenahan ruangan, sarana dan prasarana yang pro terhadap pemutusan rantai penyebaran Covid-19, sampai pemenuhan kebutuhan vitamin dan tenaga medis.

“Menurut saya, pandemi Covid-19 termasuk bencana alam, yaitu banyaknya korban jiwa akibat virus yang menyerang saluran pernapasan ini. Saya juga mengimbau warga untuk melakukan tetap siaga dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Lamia.

Baca juga: Update 24 Oktober: Pekan 43, kasus baru dan kematian akibat Covid-19 menurun

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan tingkat penyebaran Covid-19 semakin tinggi. Angka penularannya dalam sehari mencapai 50-60 orang. Hingga Minggu (25/10/2020), warga di ibukota Provinsi Papua yang sudah terpapar Covid-19 sebanyak 4.614 orang.

Loading...
;

“Kami minta, ini barang (masker) jangan dianggap sepele karena menyelamatkan kita sekarang, karena belum ada vaksin untuk Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan saat keluar rumah terutama saat berada di tempat umum, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas,” ujar Rustan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top