Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-klaster-perkantoran
Main Hall Kantor Wali Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Penularan korona di perkantoran mencapai 126 orang

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan jumlah pekerja yang terinfeksi korona klaster perkantoran di Kota Jayapura, Papua, mencapai 126 orang.

“Pekerja perkantoran sekali periksa 200 orang. Kelihatan sehat tapi bisa menularkan virus, apabila batuk dan bersin sangat berbahaya,” ujar Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/10/2020).

Dikatakan Antari, warga yang terpapar korona melalui klaster perkantoran di Kota Jayapura ditemukan sejak diberlakukan new normal pada 3 September 2020.

“Sekarang sudah ada 900 orang sejak September ini. Sangat meningkat drastis bila dibandingkan saat Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat,” ujar Antari.

Menurut Antari, Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan beberapa upaya pencegahan penularan virus dari klaster perkantoran, yaitu minta semua kantor mengatur jam masuk, istirahat, pulang, dan kerja dibagi shift.

Baca juga: Update 1 Oktober: Tembus 103, pasien Covid-19 yang meninggal di Papua

Selain itu, mengimbau perkantoran terutama yang melaku pelayanan publik agar mengetatkan pemberlakukan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum beraktivitas, dan membuka jendela ruangan kerja bila sedang menghidupkan AC, agar meminimalkan dampak penularan korona.

Loading...
;

“Kami juga minta agar perkantoran melengkapi sarana dan prasarananya, membuat tim gugus tugas (Cocvid-19) sehingga dapat memudahkan kami dalam melakukan penanganan bila ada pekerjanya yang terpapar Covid-19. Sebaikanya dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum beraktivitas di kantor,” ujar Antari.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan untuk mencegah penularan korona khususnya kantor di lingkungan kerja Pemerintah Kota Jayapura, dengan mewajibkan seluruh pekerja melakukan swab test.

“Kalau ada gejala-gejala seperti batuk, demam, flu segera melapor ke gugus tugas atau ke rumah sakit dan puskesmas untuk mendapatkan penanganan. Bila sudah terinfeksi virus sebaiknya segera isolasi di Hotel Sahid dan LPMP Papua yang sudah kami siapkan (sebagai tempat isolasi pasien Covid-19),” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano berharap warga meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kesehatan dengan cara hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak mudah tertular korona.

“Kesadaran masyarakat sangat penting akan bahaya Covid-19 ini. Jangan anggap sepele ini penyakit karena sudah banyak korban. Sebagai pemerintah kami tetap mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, karena pemerintah hadir untuk masyarakat dengan pelayanan cepat, tepat, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top