HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Penumpang pesawat tak bisa tunjukkan hasil test PCR, langsung dikarantina

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 13 Juli 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Papua akan langsung mengkarantina penumpang pesawat dan kapal laut yang masuk wilayah Provinsi Papua, yang tidak bisa menunjukkan bukti pemeriksaan uji reaksi rantai polimerase atau PCR.

Khusus bagi warga non KTP Papua, semua biaya karantina, tes PCR, dan perawatan (jika positif) akan dibebankan kepada yang bersangkutan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele, SpOG (K), menyampaikan hal itu usai mengikuti pertemuan antara Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, serta sejumlah operator maskapai penerbangan, Senin (13/7/2020).

“Kami akan melakukan pemeriksaan fisik, dan semua pembiayaan akibat karantina dan pemeriksaan fisik menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. Termasuk juga jikalau dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan dinyatakan positif, maka kita akan rawat dan semua pembiayaan yang timbul akibat perawatan tersebut menjadi tanggung jawab yang bersangkutan,” katanya.

Tim Satgas Covid-19 Papua akan memastikan aspek pergerakan penduduk dalam provinsi maupun dalam Provinsi Papua, menyusul penambahan 7 kasus baru di Kabupaten Lanny Jaya, setelah adanya pelonggaran aktivitas penerbangan ke wilayah tersebut.

“Kami menjelaskan [dalam rapat] tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam penerbangan. Semua harus menaati surat edaran yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Papua dan provinsi menyangkut soal pemeriksaan baik itu fisik maupun pemeriksaan rapid test,” katanya.

Selanjutnya, Satgas Covid-19 Papua akan menempatkan petugas di setiap bandar udara, melakukan pemeriksaan rapid test, dan setiap penumpang ber-KTP Papua harus mengisi beberapa formulir untuk pemantauan.

Loading...
;

“Petugas kesehatan yang ada di bandara akan mencatat nama, nomor telepon, mengisi ada kartu, selanjutnya mereka akan dipantau oleh petugas petugas kesehatan,” katanya.

Satgas Covid-19 Papua memberikan nomor pusat kesehatan ketika ada keluhan keluhan.

“Kemudian juga petugas kesehatan kami akan mengirim data mereka ke petugas sesuai dengan tempat tinggal mereka. Misalnya di Kota Jayapura atau Kabupaten Jayapura agar puskesmas yang berdekatan dengan tempat tinggal mereka memantau kondisi,” katanya.

Meskipun ada pelonggaran persyaratan penerbangan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, namun Provinsi Papua akan menerapkan kembali syarat pemeriksaan PCR bagi penumpang masuk ke Papua, khususnya warga yang ber-KTP non Provinsi Papua.

Sampai Senin (13/7/2020) kemarin, Tim Satgas Covid-19 Pemprov Papua telah mengisolasi lima warga non KTP Papua di Balai Diklat BPSDM Kotaraja, telah diambil spesimen swab dan kini menunggu hasil pemeriksaan PCR. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top