Penyerahan DPA BPKAD menunggu menyusun RAK

Kepala BPKAD Kota Jayapura Papua
Kepala BPKAD Kota Jayapura, Adolf Siahay, saat berbincang dengan kolega - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Adolf Siahay, mengatakan masih menyusun Rencana Anggaran Kas sebelum pelaksanaan penyerahan DPA tahun 2021.

“Tahap pelaksanaan anggaran sekarang dimulai dari penyusunan Rencana Anggaran Kas, karena akan membentuk dokumen pelaksanaan anggaran,” ujar Siahay di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/1/2021).

Dikatakan Siahay, setelah penyusunan atau penginputan RAK, barulah diterbitkan dokumen pelaksaan anggaran, yang akan menjadi dasar untuk menerbitkan SPB, SPP, SPM, dan SP2B.

“Kami masih menunggu 16 pengguna anggaran yang belum masukkan rencana anggarannya, karena entri data sekarang langsung melalui aplikasi SIPD. Pengguna anggaran semuanya ada 97. Kalau APBD tahun 2021 sebesar Rp1,2 triliun,” ujar Siahay.

Siahay mengharapkan dalam tahap penyusunan Rencana Anggaran Kas tidak terjadi hambatan sehingga dalam pekan ini dokumen pelaksanaan anggaran langsung cetak untuk penyerahan DPA.

Baca juga: Bapenda Kota Jayapura optimis capai target PAD 2021

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan penyerahan DPA harus dipercepat, yang seharusnya diserahkan Desember, sehingga awal tahun setiap instansi sudah bisa melakukan penganggaran pada setiap kegiatan yang sudah diprogramkan.

Loading...
;

“Kalau bisa secepatnya karena APBD sudah disahkan. Rencana Anggaran Kas sangat penting agar setiap instansi mengelola anggaram secara baik dan penggunaannya tepat sasaran dan realisasinya pelaporan fisik dan keuangan tepat waktu,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano berharap setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura menggunakan anggaran yang dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga Kota Jayapura terus berkembang, apalagi sudah ditetapkan sebagai barometer di Papua.

“Program dan kegiatan harus tepat sasaran, seperti  infrastruktur, pendidikan, perekonomian, dan kesehatan dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top