Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-fkub-kota-jayapura
Pemerintah Kota Jayapura bersama Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Jayapura saat menggelar forum diskusi dalam rangka upaya penanganan Covid-19 - Jubi/Ramah

Peran FKUB penting di tengah pandemi Covid-19

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Jayapura saat menggelar forum diskusi dalam rangka upaya penanganan Covid-19 di Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Papua, Rabu (4/11/2020).

Asisten III Setda Kota Jayapura, Amos Solosa, mengatakan peran FKUB sangat penting di tengah pandemi Covid-19 dalam mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Dalam situasi pandemic Covid-19 ini, sosialisasi protokol kesehatan harus disampaikan kepada umat agar tetap menjaga diri supaya tidak terinfeksi virus korona penyebab Covid-19,” ujar  Solosa.

Menurut Solosa, tokoh agama sebagai mitra pemerintah harus selalu menyampaikan pesan yang mendamaikan, yang menyatukan, dan menciptakan kerukunan sehingga tidak terjadi gesekan-gesekan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan umat beragama di ibukota Provinsi Papua ini.

“Situasi Covid-19 saat ini kita harus saling menguatkan, saling tolong menolong, tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri terutama dalam hal menjaga diri dari Covid-19,” ujar Solosa.

Solosa memberikan apreasiasi kepada FKUB Kota Jayapura yang sudah berperan penting dalam mengedukasi masyarakat agar menerapkan 3M, yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan supaya umat tidak terinfeksi virus korona.

Menurut Solosa, pandemi Covid-19 adalah masalah bersama karena berdampak langsung pada ekonomi masyarakat, maka perlu adanya kesadaran dan kedisiplinan dari semua pihak memahami bagaimana pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Loading...
;

Baca juga: Pemkot Jayapura diminta perketat prokes di tempat wisata

Terkait forum diskusi dalam rangka upaya penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Jayapura, Solosa berharap agar ada masukan dan saran yang dihasilkan demi meningkatkan pelayanan terutama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Memang perlu peran aktif semua pihak secara masif untuk memutus penyebaran Covid-19. Poin yang disampaikan di antaranya harus menggelar doa bersama dan memperketat protokol kesehatan di tempat-tempat umum,” ujar Solosa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura-Papua, Abdul Hafid Jusuf, mengaku sangat mengapresiasi diskusi pemerintah daerah dan FKUB dengan harapan agar masyarakat selamat dari Covid-19.

“Melalui forum diskusi ini, kami berharap tidak ada lagi peningkatan kasus positif Covid-19 karena masyarakat sudah memahami cara pencegahan dan penanganan lewat protokol kesehatan yang ketat,” ujar Hafid.

Menurut Hafid, pertemuan FKUB dengan pemerintah daerah dapat memberikan rekomendasi demi keselamatan warga di Kota Jayapura.

“Paling tidak, lewat diskusi ini kami mendapatkan informasi yang konstruktif dalam mencari solusi yang lebih baik lagi untuk melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19,” ujar Hafid.

Hafid menambahkan FKUB sebagai penerapan moderasi umat beragama di Kota Jayapura khususnya dalam aspek layanan selalu memberikan pencegahan kepada masyarakat melalui mimbar rumah-rumah ibadah.

“Kami harapkan agar program-program dari FKUB dapat menurunkan tensi masyarakat agar tidak panik menghadapi pandemi Covid-19, namun tetap ikhtiar menjaga diri, keluarga, dan orang di sekitarnya sehingga bisa memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Hafid. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top