Follow our news chanel

Petani Kampung Marga Mulya keluhkan gabah tak bisa digiling

papua-petani-kampung-marga-mulya
Masyarakat di Kampung Marga Mulya, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Para petani di Kampung Marga Mulya, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua mengeluhkan gabah mereka masih menumpuk dan belum bisa digiling karena belum semua tempat penggilingan di kampung itu beroperasi. Akibatnya, para petani belum bisa menjual beras dan kesulitan membayar cicilan di bank.

“Beberapa tahun terakhir kami mengalami kesulitan untuk menggiling gabah menjadi beras karena belum semua tempat penggilingan dibuka,” ungkap salah seorang petani di Kampung Marga Mulya, Sugeng Prasetyo, kepada Jubi, Kamis (22/10/2020).

Dengan kondisi seperti demikian, jelas Sugeng, petani mengalami kesulitan, belum lagi dikejar harus membayar cicilan tiap bulan di bank.

“Ini yang menjadi salah satu masalah serius di tingkat petani,” katanya.

Sugeng mengakui jika sudah mendapat informasi bila Badan Urusan Logistik (Bulog) Merauke sudah menyerap beras. Hanya saja, penyerapan belum dilakukan secara maksimal sehingga banyak gabah petani menumpuk di rumah.

“Kita sudah memasuki musim panen kedua dan gabah juga masih menumpuk. Belum lagi di panen rendengan, banyak gabah juga belum digiling sampai sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Bulog Merauke mulai membeli beras panenan petani lagi

Loading...
;

Sementara Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Merauke-Papua, Djabiruddin, mengatakan terhitung sejak dua minggu terakhir, penyerapan beras dilakukan kembali setelah adanya instruksi dari kantor pusat.

“Jadi kami setiap hari sudah bisa menyerap beras melalui para mitra. Untuk harga di Bulog Rp 8.300/kg. Sedangkan di tingkat petani, itu kesepakatan bersama para mitra,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top