Follow our news chanel

Previous
Next

Persiapan PON, pelatih dan asisten ikut bimtek

papua-koni-pon-bimtek
Dominggus Lutrun saat membawa materi program pelatihan bagi para pelatih dan asisten pelatih, Kamis (9/7/2020) pagi - Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebanyak 75 pelatih dan asisten pelatih PON XX Papua mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang penerapan prinsip-prinsip dasar kepelatihan dan manfaat periodisasi bagi pembinaan atlet di Hotel Mercury, Rabu (8/7/2020).

Ketua panitia bimtek, Freddy Sokoy, mengatakan dampak pandemi virus korona yang melanda dunia, hingga Indonesia dan di Papua sangat mengganggu berbagai kegiatan, khususnya kesiapan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, yang akhirnya harus dimundurkan ke tahun 2021.

Salah satunya menyangkut kegiatan pemusatan latihan terpusat atau training center (TC). Pelaksanaan periodisasi program, kerangka latihan dan petandingan, serta pelbagai kesiapan moril menuju sukses PON melalui kesiapan khusus kompetisi utama.

Freddy Sokoy mengatakan salah satu unsur penting dan strategis dalam rangka mengukur kesiapan atlet menuju ajang prestasi adalah komponen periodisasi program dan latihan. Nampaknya, unsur ini harus diubah dan disesuaikan dengan waktu pelaksanaan PON XX tahun 2021.

“Jadi kita harus lebih bersabar selama 16 bulan. Perubahan waktu inilah yang akhirnya menjadi  dasar pertimbangan signifikan untuk dilakukan rekonstruksi periodisasi program latihan sesuai waktu yang tersisa,’’ katanya.

Sokoy menjelaskan waktu sekarang adalah persiapan khusus, pra-kompetisi, kompetisi umum, atau pertandingan. Rekonstruksi program latihan semacam ini secara teknis operasional dikendalikan penuh oleh pelatih dan asisten pelatih di semua cabor dan sub-cabor.

Oleh karena itu, lanjut Freddy, perubahan semacam ini perlu dipahami mutlak oleh pelatih dan asisten pelatih. Di sini lah urgensinya mengapa pelatih dan asisten pelatih wajib mengikuti bimtek.

Loading...
;

Acara pembukaan bimtek dihadiri pengurus KONI Papua, tim Puslatprov KONI Papua dan pelatih, asisten pelatih, serta pengurus cabor-cabor. Bimtek berlangsung selama empat hari sejak Rabu hingga Sabtu (11/7/2020). (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top