Follow our news chanel

Potensi SAR Manokwari dibekali SOP pencarian dan pertolongan

papua-SAR-Manokwari
Potensi SAR di Manokwari dibekali SOP pencarian dan pertolongan - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Manokwari, Papua Barat memberikan pembekalan standar operasional prosedur (SOP) bagi 30 potensi SAR daerah untuk terlibat langsung dalam setiap situasi darurat dalam misi pencarian dan pertolongan.

Kepala Kantor SAR Manokwari, George Leo M. Randang, mengatakan karena perairan Manokwari yang luas, Kantor SAR Manokwari tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan misi pencarian dan pertolongan, sehingga dibutuhkan potensi SAR dalam memaksimalkan tugas kemanusiaan tersebut lewat pembekalan potensi SAR melibatkan unsur TNI/Polri dan beberapa instansi terkait.

“Hari ini Kantor SAR Manokwari memberikan pembekalan bagi 30 potensi pencarian dan pertolongan atau SAR khususnya di bidang pertolongan laut. Mereka diberi pembekalan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencarian dan pertolongan,” kata Leo, di Manokwari, Papua Barat, Rabu (21/10/2020).

Leo tak menampik bahwa dalam beberapa peristiwa orang hilang di perairan Manokwari dan sekitarnya, masyarakat lebih dulu melakukan upaya pencarian sebelum melapor ke kantor SAR. Oleh karea itu, pelibatan potensi SAR dan praktik SOP dalam pelatihan yang digelar  dua hari, kiranya dapat dimaksimalkan oleh peserta.

“Pelatihan potensi SAR merupakan program tahunan Kantor SAR Manokwari. Tapi tahun ini kami batasi pelatihan SOP untuk potensi SAR hanya 30 orang, karena pertimbangan situasi pandemi Covid-19,” ujar Leo.

Baca juga: Alami kerusakan mesin, RSA dr Lie Dharmawan diselamatkan SAR Manokwari

Sementara, Penjabat Bupati Manokwari-Papua Barat, Roberth Rumbekwan, mengapresiasi kinerja Kantor SAR Manokwari karena selalu sigap dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan terhadap masyarakat Manokwari saat mengalami musibah.

Loading...
;

“Kantor SAR Manokwari punya tenaga SDM yang luar biasa, tapi juga dilengkapi  sarana pendukung yang dapat membantu, sehingga dengan adanya Potensi SAR kiranya dapat membantu petugas SAR dalam misi kemanusiaan tersebut,” kata Rumbekwan.

Rumbekwan juga berharap lewat potensi SAR, masyarakat pesisir Manokwari akan lebih memahami tugas SAR, sehingga keterlibatan aktif masyarakat sebagai potensi SAR juga perlu dilakukan.

“Pelatihan ini memang terbatas pada institusi tertentu, tapi ke depan, saya harap SOP SAR juga diberikan dalam bentuk pelatihan yang orientasinya kepada masyarakat,” tambah Rumbekwan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top