Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Ratusan nakes di Papua terinfeksi korona legislator sarankan evaluasi

papua-tenaga-kesehatan
Ilustrasi tenaga kesehatan di Papua - Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Legislator Papua, Natan Pahabol, menyarankan para pihak terkait melakukan evalusi dalam penangan pasien korona di wilayah itu.

Saran tersebut dikatakan Natan Pahabol melalui panggilan teleponnya kepada Jubi, di Kota Jayapura-Papua, Senin (17/8/2020), menyusul ditemukannya sebanyak 307 tenaga kesehatan atau nakes di Papua terinfeksi korona dalam beberapa bulan terakhir.

Anggota Komisi Bidang Pendidikan dan Kesehatan DPR Papua itu mengatakan pihak terkait perlu melakukan evaluasi. Ini bertujuan mencari tahu penyebab utama adanya ratusan nakes terpapar Covid-19.

Ratusan nakes di Papua terinfeksi korona legislator sarankan evaluasi 1 i Papua

Apakah karena kekurangan alat pelindung diri, kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan atau standar operasional prosedur, ataukah ketidak jujuran pasien yang berobat dan penyebab lainnya.

“Mesti ada evaluasi. Kami sedih mendengar ada ratusan tenaga medis di Papua yang positif korona,” kata Natan Pahabol.Baca juga:

Menurutnya, tenaga kesehatan memiliki peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Mereka adalah pertahanan terakhir. Akan tetapi jika mereka yang selama ini diharapkan melayani masyarakat sudah terpapar, bagaimana dengan pelayanan kepada warga.

“Hak-hak mereka juga mesti dievaluasi. Apakah mereka sudah mendapatkan hak-haknya atau belum,” ujarnya.

Loading...
;

Baca juga: Update 15 Agustus: Ada 38 kasus baru, jumlah kasus Covid-19 di Papua capai 3.311

Baca juga: Update 27 Juli: Sudah ada 307 tenaga kesehatan di Papua terinfeksi korona

Katanya, selama masa pandemi Covid-19 tenaga kesehatan bekerja tak kenal lelah, melaksanakan tanggung jawabnya. Untuk itu, hak-hak mereka mesti diberikan, tidak boleh ditunda-tunda.

“Tenaga kesehatan ini tidak hanya menangani korona, juga penyakit lain. Beberapa waktu lalu saya dengar ada keluhan dari para honorer dan bagian kebersihan di rumah sakit, yang mempertanyakan haknya. Ini mesti segera diselesaikan,” ucapnya.

Belum lama ini, Juru Bicara Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, mengatakan dari data pihaknya sebanyak 307 nakes di Papua terpapar korona, dalam beberapa bulan terakhir. Satu di antaranya meninggal dunia.

Menurutnya, kasus terbanyak ditemukan di Kota Jayapura-Papua, yakni 240 orang dan 67 lainnya berada di 18 kabupaten penyebaran Covid-19.

“Ini membuat pelayanan di beberapa puskesmas dan rumah sakit tidak maksimal,” kata dr. Silwanus Sumule. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top