Follow our news chanel

Previous
Next

Referendum total dan tolak Otsus disuarakan saat RDP MRPB

Papua
Rapat Dengar Pendapat gelombang pertama oleh MRPB. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi –  Rapat Dengar Pendapat (RDP) efektifitas Otonomi Khusus (Otsus) Papua di Provinsi Papua Barat yang digelar oleh Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPB) di kota Manokwari makin mengerucut saat peserta perwakilan unsur adat, akademisi, dan organisasi kepemudaan menyuarakan ‘Referendum’ total bagi Papua dan menolak perpanjangan Otsus.

Wakil Ketua MRPB, Cyrelius Adopak, mengatakan bahwa RDP yang digelar bertujuan menampung semua aspirasi Orang Asli Papua (OAP) bersama organisasi sipil lainnya sebagai bahan pertimbangan revisi UU Otsus Papua oleh Pemerintah Pusat.

Menurut Adopak, MRPB adalah lembaga resmi Negara yang diberi legitimasi untuk mengangkat suara orang asli Papua.

Sehingga, lewat RDP yang digelar bukan tandingan terhadap usulan pokok pikiran Pemprov Papua  Barat yang lebih dulu diserahkan ke Jakarta

“RDP dengan elemen sipil di wilayah adat Domberai dan Bomberai, adalah cara MRPB sesuai amanat [Pasal 77] UU 21 Tahun 2001. Dan semua [termasuk usulan pokok pikiran Pemprov] memiliki tujuan yang sama,” kata Adopak, Kamis (1/10/2020).

Dia pun tak menampik, bahwa dalam diskusi yang berjalan alot tersebut, berbagai pandangan tentang Otsus telah disuarakan oleh peserta RDP hingga meminta Referendum sebagai solusi.

“Semua pandangan dan rekomendasi sudah kami terima. rekomendasi untuk Referendum pun kami terima,” katanya.

Loading...
;

Senada, Ketua MRPB Maxi Nelson Ahoren, berterima kasih kepada seluruh peserta RDP yang telah jujur dan merindukan sebuah perubahan di tanah Papua [daerah Otsus].

Ahoren, mengaku bahwa RDP gelombang ke dua, akan digelar pada Senin (6/10/2020) menghadirkan seluruh perwakilan adat wilayah Manokwari Raya, Sorong raya termasuk Fakfak dan Kaimana.

“Hari ini adalah RDP gelombang pertama diikuti elemen sipil di daerah kabupaten Manokwari. Untuk gelombang ke dua secara keseluruhan peserta dari wilayah adat Domberai dan Bomberai akan hadir untuk menyampaikan pandangan dan harapan mereka pula,” kata Ahoren. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top