Follow our news chanel

Previous
Next

Tak puas hasil penerimaan CPNS formasi 2018, ribuan masyarakat Yahukimo demo

papua-demo-yahukimo-cpns-2018
Warga Yahukimo yang melakukan aksi demo di Kantor Bupati Yahukimo, Senin (3/8/2020) - Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Ribuan pencari kerja (pencaker) lulusan Sarjana Strata (S-1), Sarjana Magister (S-2), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) anak asli Yahukimo, menggelar demo karena tidak puas dengan hasil penerimaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Papua.

Koordinator tim pencari kerja Kabupaten Yahukimo formasi 2018, Lanius Yalak, mengatakan mmereka melakukan demo karena ada kejanggalan dalam proses seleksi.

“Ada temuan hasil tes nilainya kurang namun diangkat menjadi CPNS. Ada temuan namanya dites di instansi lain namun namanya keluar di instansi lain lagi. Berarti ini sudah anggap permainan BKD,” kata Koordinator tim pencari kerja Kabupaten Yahukimo formasi 2018, Lanius Yalak, saat orasi di halaman Kantor Bupati Yahukimo, di Jalan Cenderawasih, Kali Biru, Dekai Yahukimo, Papua, awal pekan ini.

Lanius menambahkan diduga ada posisi bisa diisi oleh orang asli Yahukimo (OAY) ternyata yang nama keluar adalah orang asli Papua (OAP) bukan OAY.

“Ada pembagian jatah kepala dinas di SKPD Yahukimo. Karena yang keluar nama adalah salah satu istri kepala dinas dan anak-anak kepala dinas. (Padahal) dalam satu suku ada distrik yang nama-namanya tidak lulus (CPNS 2018). (Ada pula) saat pemberkasan tidak keluar namun nama ada di pengumuman CPNS. Itu beberapa poin yang menjadi sorotan kami,” tegas Yalak.

Baca juga: Kuota kelulusan OAP hanya 22 persen, peserta tes CPNS 2018 Manokwari protes

Aksi dari ribuan para pencaker tersebut diterima langsung oleh Bupati Yahukimo, Abock Busup. Bupati mengatakan dalam proses penerimaan CPNS tahun 2018 itu tidak ada kebijakan yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Yahukimo karena proses penerimaan CPNS itu dilakukan secara online oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Loading...
;

“Yang tentukan CPNS ini kan Menpan. Kami di Yahukimo tidak ada tambah dan tidak kurang. Saya punya sepri-sepri tak lulus juga,” kata Buapti Yahukimo, saat menerima aspirasi para pencaker.

Maka solusi alternatif yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Yahukimo adalah mempercepat penerimaan CPNS formasi 2019 pada bulan September mendatang.

Dalam demo tersebut sempat terjadi keributan karena salah satu oknum ASN ribut saat demo sedang berlangsung. Hal ini membuat para pendemo marah dan melempar batu ke arah kantor bupati. Namun sekitar 15 menit kemudian situasi berhasil dikendalikan oleh korlap dan aparat keamanan, dan demo dilanjutkan kembali.

Pantauan Jubi di beberapa kantor SKPD seperti kantor BKD, kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), kantor bupati, kantor DPRD Yahukimo, hingga sekarang masih palang. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top