Follow our news chanel

Previous
Next

Romanus-Riduwan, pendaftar pertama di KPU Merauke

papua-mbaraka-riduan-pilkada-merauke
Balon Cabup Merauke, Romanus Mbaraka, didampingi balon wabup, H. Riduwan, sedang menerima salinan berkasnya yang dinyatakan lengkap dan diterima – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Merauke, Romanus Mbaraka-H. Riduwan, mendaftar hari pertama di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke. Kedatangan Romanus-Riduan didampingi partai pengusung yakni PKB dan Partai Demokrat, serta partai pendukung PSI dan PKPI, juga beberapa tim lainnya.

Pantauan Jubi, Jumat (4/9/2020), kedatangan Romanus-Riduwan (Romarin) diterima Ketua KPU Merauke-Papua, Theresia Mahuze, bersama empat komisioner lain, dilanjutkan penyerahan berkas pasangan calon kepada KPU untuk dilakukan verifikasi.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, mengatakan setelah berkas diterima dari pasangan bakal calon, dilakukan pemeriksaan oleh tim karena ini syarat mutlak.

“Pasangan Romanus Mbaraka-H. Riduan adalah pendaftar pertama. Tim akan melakukan verifikasi kelengkapan B1KWI, visi misi, dan SK kepengurusan partai politik (pengusung),” ujarnya.

Pemeriksaan berikutnya terkait keabsahan dalam B1KWK, apakah ditandatangani ketua dan sekretaris partai politik atau tidak serta cap. Setelah keabsahan diperiksa, dilanjutkan verifikasi syarat calon sehubungan dengan kelengkapan.

“Kita telah melakukan penelitian keabsahan dokumen persyaratan pencalonan Romanus Mbaraka-Riduwan dan dinyatakan lengkap  serta memenuhi persyaratan, juga kelengkapannya dinyatakan lengkap. Dengan demikian, pendaftaran pasangan bakal calon ini diterima KPU Kabupaten Merauke,” katanya.

Baca juga: Golkar usung Basik Basik di Pilkada Merauke

Loading...
;

Balon Cabup Merauke, Romanus Mbaraka, dalam sambutan singkatnya mengatakan hari ini mereka bisa mendaftar di KPU dan semua berkas serta dokumen diterima setelah dilakukan verifikasi.

“Tak ada banyak ceritera, tetapi bahwa saya mempunyai sederet pengalaman membangun negeri ini mulai dari honor, sampai bupati, dan kembali menjadi petani,” ungkapnya.

Romanus berharap semua yang hadir dan tinggal di tanah Malind di Papua selatan, harus menyayangi negeri ini.

“Saya orang asli dan kita sudah sedikit. Kalian boleh bilang kami tak mampu, tapi saya sampaikan, kulit boleh hitam dan berambut keriting, tetapi isi sum-sum tidak. Mari kamu semua dukung kami anak Marind,” pintanya.

Dikatakan, setelah dirinya dituntun Johanes Gluba Gebze, telah melanjutkan pembangunan dari kampung hingga kota ketika menjadi bupati lima tahun silam. Tapi hari ini, semua orang jalan di kampung-kampung yang notabene orang asli Marind, kayu sudah tumbuh di halaman  maupun di jalan-jalan.

“Saya ajak untuk kita lihat mereka dan berikan ruang seluas-luasnya,” ujar Romanus.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 akan digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2021. Sistem pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia.

Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan digelar serentak pada bulan Desember 2020. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah, dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Provinsi Papua ada 11 daerah yang akan menggelar pilkada, yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Nabire, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel.

Sementara di Provinsi Papua Barat ada 9 daerah, yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wintuni, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Wondama. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top