Papua siapkan 500 relawan hadapi Covid-19

covid papua
infografis data covid-19 Provinsi Papua 28 November 2020 - tim satgas Covid-19 Papua

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Tercatat 500 relawan dilatih menangani Covid-19 di Papua, mereka diharapkan menjadi agen perubahan yang membawa inspirasi dalam penanganan Covid-19 di provinsi yang telah mencatatkan lebih dari 10 ribu kasus positif Covid-19 tersebut. Program pelatihan digelar 27 November hingga  4 Desember 2020 itu memuat empat materi umum.

“Pelatihan ini diikuti oleh para relawan perwakilan distrik dari tiga kabupaten dan kota serta 29 perwakilan organisasi relawan di Papua,” kata Ketua Subbidang Pelatihan Bidang Koordinasi Relawan #SatgasCovid19, Prasetyo Nurhardjanto, Selasa, (1/12/2020) kemarin.

Baca juga : Mengucurkan uang puluhan milyaran, jurus Pemkab Jayapura menangani Covid-19

Kasus Covid-19 Jateng pecahkan rekor, Epidemiolog : alarm bagi Pemda dan Satgas

Ratusan tenaga kesehatan di RSUD ini positif Covid-19

Materi yang pelatihan meliputi adaptasi kebiasaan baru, materi semangat kerelawanan dan instrumen relawan (InaRisk). “Termasuk materi komunikasi efektif di masa pandemi dan yang terakhir adalah materi tentang isu lokal,” kata Prasetyo menambahkan.

Loading...
;

InaRisk merupakan aplikasi dari BNPB yang berfungsi untuk menjadi medium pelaporan berbagai kegiatan relawan di lapangan secara real time. Prasetyo berharap para relawan yang mengikuti pelatihan ini dapat menularkan perubahan perilaku kepada anggota keluarga serta masyarakat di lingkungan masing-masing.

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa menyebut bahwa keterlibatan dan sinergi semua pihak memiliki peranan yang signifikan dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

“Saya berharap para relawan dapat membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah Covid-19 dengan memberikan sosialisasi, edukasi dan melakukan pengembangan penanganan dan pencegahan berdasarkan kontekstual Papua,” kata Doren.

Ia yakin jika hal tersebut bisa terealisasikan, maka tingkat paparan Covid-19 akan menurun secara signifikan.

Papua merupakan salah satu provinsi yang baru-baru ini mendapatkan perhatian dari Satgas Covid-19. Sampai dengan 30 November 2020, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Papua mencapai 10.014 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.007 kasus di antaranya dinyatakan telah sembuh atau negatif dari Covid-19. Adapun, sebanyak 137 kasus lainnya meninggal dunia.

Sampai dengan akhir November 2020, jumlah kasus aktif Covid-19 di Papua saat ini mencapai 4.870 kasus. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top