Simulasi tanggap darurat anti teror di PLTU-PLTMG Holtekamp

Papua-simulasi anti teror
Karyawan PLN sedang melakukan aksi huru hara sebagai simulasi tanggap darurat anti teror di kompleks PLTU-PLTMG Holtekamp – Dok PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat – Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Papua dan Papua Barat menunjukkan kesiapan mengamankan objek vital nasional pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) – Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Kesiapan itu dibuktikan pada simulasi tanggap darurat anti teror yang berlangsung, Selasa (6/7/2021), di kawasan PLTU-PLTMG Holtekamp, dengan melibatkan personil dari Gegana Brimob Polda Papua yang dipimpin langsung Kabag Ops Satuan Brimob Polda Papua, AKP Ferdinand Pipa.

Manajer Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Papua dan Papua Barat, Kurniawan, mengatakan kegiatan simulasi tanggap darurat anti teror yang dilakukan oleh personil Sat Brimob Polda Papua dan karyawan PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat pada prinsipnya merujuk pada Peraturan Kapolri (PERKAP) No 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan, Dan Atau Lembaga. Simulasi bersama ini guna memberikan pemahaman kepada karyawan PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat dalam mengatasi problem di lapangan.

“Simulasi ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan oleh teman-teman PLN induk Papua dan Papua Barat, karena hal ini merupakan sistem managemen terintegrasi yang sudah diterapkan di wilayah induk. Jadi sementara ini ada 3 pilar yang pertama terkait dengan K3 kemudian lingkungan dan keamanan,” kata Kurniawan dalam rilis pers yang diterima Jubi, Kamis (8/7/2021).

Papua-simulasi anti teror
Karyawan PLN sedang melakukan aksi huru hara sebagai simulasi tanggap darurat anti teror di kompleks PLTU-PLTMG Holtekamp – Dok PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat

Kurniawan mengatakan simulasi ini perlu dilakukan karena memang PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat mengelola pembangkit listrik yang termasuk dalam objek vital nasional atau (Obvitnas).

“Kegiatan seperti ini memang rutin dilakukan untuk memberikan pelatihan terkait bagaimana cara penanganan yang komprehensif dalam situasi tanggap darurat,” ujarnya.

Kurniawan berharap lewat simulasi ini memberikan pemahaman kepada semua karyawan bagaimana sikap serta standar operasional prosedur (SOP) dalam menyikapi hal-hal yang tidak diinginkan bila sewaktu-waktu bisa terjadi, termasuk jika teror itu terjadi pada pembangkit listrik di PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat.

Loading...
;

“Simulasi atau latihan bersama ini memantapkan tata kerja dan SOP dan membantu sistem pengamanan swakarsa serta membantu tugas kepolisian pada kawasan objek vital nasional,” ujarnya.

Baca juga: PLN klaim daya listrik mumpuni dukung PON Papua

Sementara itu, Kabag Ops Satuan Brimob Polda Papua, AKP Ferdinand Pipa, mengatakan dalam pelaksaan simulasi ini personil Brimob Polda Papua memberikan cara serta pemahaman semaksimal mungkin kepada karyawan PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat untuk bagaimana bisa mengatasi adanya gangguan teror yang terjadi didalam lingkungan kerja terutama pada objek-objek vital.

“Kami akan maksimal memberikan pemahaman kepada rekan-rekan disini [PLN UIW Papua dan Papua Barat] untuk bagaimana caranya sekaligus solusi dalam mengatasi situasi teror yang terjadi dilingkungan kerja mereka,” katanya.

AKP Ferdinand Pipa berharap lewat simulasi ini karyawan PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat bisa belajar dengan sungguh-sungguh bagaimana tahapan dalam pelaksanaan simulasi saat mengahadapi situasi teror.

“Saya berharap ini hanyalah simulasi jadi mari kita melakukan simulasi ini tanpa melukai di antara kita, dengan menjaga keselamatan antara anggota dan rekan-rekan karyawan di sini [PT. PLN Persero UIW Papua dan Papua Barat],” ujarnya.

Pelaksanaan simulasi tanggap darurat anti teror di PLTU-PLTMG Holtekamp berjalan lancar sedari awal hingga akhir dengan memprioritaskan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam simulasi ini Pejabat Pelaksana dan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L), Jonni Sembiring, bersama Manager Indonesia Power, Rian Kuspratomo. (*)

Editor: Jean Bisay

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top