Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sosialisasi kesehatan bagi anggota PW GKI Getsemani Kotaraja

papua-GKI-Getseman-Kotaraja-Wijk-IV
Ibu-ibu anggota PW Wijk IV GKI Getsemani Vim Kotaraja Distrik Abepura Kotaraja sedang mengikuti pelatihan sosialiasi dari dosen dan peneliti dari F MIPA Uncen - Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Jurusan Biologi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura-Papua, Dr. Ir. Henderina J. Keiluhu, MSc, mengatakan pihaknya bersama tim melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya di Persekutuan Wanita (PW) Gereja Kristen Injili (GKI) Wijk IV Vim Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

“Kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini dilakukan oleh kelompok dosen Uncen sesuai dengan bidang ilmu berbeda antara lain Biologi, saya sendiri (Henderina J Keiluhu), dan rekan kerja dari Kesehatan Melkior Tappy, SKM, MPH, dan bidang Kedokteran, dr Eliezer M.Kes,” kata Keiluhu yang juga Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)-Strategis Universitas Cenderawasih, kepada jubi.co.id, di Kota Jayapura-Papua, Selasa (25/8/2020) malam.

Dia menambahkan kegiatan menampilkan dia materi yaitu pertama penyakit menular di Papua dan HIV/AIDS merupakan materi yang berkaitan dengan kesehatan diri pribadi.

”Selain itu bagaimana membiasakan hidup dan mematuhi protokol kesehatan, apalagi kegiatan ini berlangsung di saat pandemi Covid-19,” kata Keiluhu.

Memang, lanjut Keiluhu, kegiatan ini dilakukan secara tatap muka karena tidak semua anggota kaum ibu PW GKI Wijk IV Getsemani memiliki gadget yang memadai.

”Namun antusiasme dari kaum ibu sangat terasa dalam mengikuti pelatihan dan sosialisasi ini,” katanya seraya mengharapkan kegiatan sosalisasi ini bisa membangun rasa percaya diri untuk memperbaiki pola hidup dan mempertahankan kesehatan tubuh, serta mengatur pola hidup sesuai aturan kesehatan.

Baca juga: Update 23 Agustus: PBM atap muka, utamakan keselamatan anak didik

Loading...
;

Dia mengatakan pengetahuan tentang materi penyakit menular langsung dipraktekkan cara membersihkan diri dan memakai masker, khususnya berkaitan dengan Covid-19.

“Inti dari kegiatan pelatihan ini meliputi pengetahuan penyakit menular, HIV dan AIDS, kebersihan diri, serta kebersihan lingkungan,” katanya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Uncen ini dilakukan bukan di gedung GKI Getsemani tetapi di pendopo rumah salah seoarng anggota PW Wijk IV GKI Getsemani Vim Kotaraja.

Menurut Hendrina Keiluhu kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan pada 12-13 Agustus 2020 dan 17 Agustus 2020.

“Sedangkan kegiatan keempat adalah kunjungan ke rumah ibu-ibu yang mengikuti kegiatan untuk melihat tanaman obat herbal yang telah ditanam dan berhasil tumbuh. Bibit tanaman ini telah dibagikan pada kegiatan tanggal 17 Agustus 2020,” kata Henderina Keiluhu, seraya menambahkan peserta hanya 15 sampai 18 ibu-ibu, dan kegiatan dari pukul 16.30 WIT sampai pukul 18.00 WIT.

Sementara itu, Koordinator PW Wijk 4 GKI Getsemani Kotaraja, Yanthi Marimbun, mengatakan kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kaum ibu di Wijk IV GKI Getsemani terutama tentang menjaga kesehatan diri, pencegahan penyakit, dan pengetahuan tentang tumbuhan bahan obat tradisional. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top