Follow our news chanel

Previous
Next

PKL di Pantai Hamadi akan diberi surat izin berjualan

papua-pantai-hamadi-pkl
Pedagang kaki lima (PKL) di lokasi wisata Pantai Hamadi di Kota Jayapura-Papua saat melayani pembeli - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di tempat wisata Pantai Hamadi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura berencana mengeluarkan surat izin berjualan bagi para PKL di kawasan wisata di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua ini. Surat izin itu sebagai bukti para PKL ini terdaftar resmi di tempat wisata tersebut.

“Surat izin jualan ini sebagai jaminan boleh dan tidaknya pedagang berjualan. Kalau ada surat izin, berarti mereka boleh jualan. Kalau tidak ada, jangan jualan di lokasi wisata Pantai Hamadi ini,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Rabu (26/8/2020).

Lebih jauh, Rustan Saru mengatakan Pemerintah Kota Jayapura akan mengeluarkan surat izin sesuai jenis barang dagangan, status pedagang (sewa, kontrak, atau beli), identitas, dan bukti sudah menyetor retribusi.

“Surat izin ini harus selalu dipakai saat berjualan,” kata Rustan Saru.

Untuk mendapatkan surat izin ini, imbuh Rustan Saru, ada beberapa syarat sesuai Peraturan Daerah Pemerintah Kota Jayapura terkait pedagang kaki lima, yaitu harus memiliki keterangan dari pemilik tempat jualan, identitas, jenis barang dagangan, tidak boleh menjual minuman beralkohol, dan tidak boleh jualan di trotoar.

“Kami akan carikan lokasi khusus bagi para PKL untuk berjualan supaya tertib. Saya minta Dinas Pariwisata untuk melakukan pendataan. Minggu ini harus sudah tuntas datanya supaya bisa dilakukan evaluasi,” ujar Rustan.

Baca juga: Pemkot Jayapura akan terapkan tertib parkir di Pantai Hamadi

Loading...
;

Terpisah, seorang pedagang aneka minuman jus di lokasi wisata Pantai Hamadi, Rosmini, mengaku tidak keberatan bila setiap pedagang kaki lima diberikan surat izin berjualan karena hal itu untuk mencegah membludaknya pedagang.

“Kalau bisa yang sudah ada saat ini saja yang didata, jangan ditambah lagi dari pedagang luar. Kalau tidak boleh jualan di pinggir jalan, saya setuju, yang penting ada tempatnya. Tentu saja supaya pantai ini tertata rapi,” ujar Rosmini.

Pantai Hamadi merupakan salah satu lokasi wisata paling populer di kalangan wisatawan lokal di Kota Jayapura dan sekitarnya. Pantai yang terletak di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua ini, tak hanya ramai pengunjung tapi juga ramai PKL yang menjajakan dagangannya di sepanjang pantai.

Namun, pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan, minuman, dan barang ini masih dijumpai berjualan di sembarang tempat atau sesuka hati. Bahkan trotoar pun tak luput dijadikan sebagai tempat berjualan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top