Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sejak dibangun 2012, tak ada tenaga medis di Pustu Tagaepe

papua-pustu-tagaepe-ngguti-merauke
Pustu Tagaepe, Distrik Ngguti, Kabupaten Merauke, Papua yang hingga kini tak melayani masyarakat karena tidak ada tenaga medis  – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Bangunan puskesmas pembantu (Pustu) Tagaepe di Distrik Ngguti, Kabupaten Merauke, Papua yang dibangun sejak 2012 silam, hingga sekarang, tak pernah ada tenaga medis -bidan maupun perawat- yang memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat.

Petugas kesehatan sebulan sekali datang ke Kampung Tagaepe untuk member layanan kesehatan kepada masyarakat di kampung tersebut, tapi itu dinilai tidak cukup.

“Betul, setelah dibangun (tahun 2020), sama sekali tak ada tenaga medis yang ditempatkan di sini. Kami sendiri tidak tahu alasannya. Padahal masyarakat sangat mengharapkan kehadiran seorang bidan,” ujar Sekretaris Kampung Tagaepe, Sefnat Mahuze, saat ditemui Jubi, Senin (14/9/2020).

Sejak dibangun 2012, tak ada tenaga medis di Pustu Tagaepe 1 i Papua

Dikatakan Sefnat Mahuze, dengan tidak ada tenaga kesehatan di Kampung Tagaepe, sangat menyulitkan ketika ada warga yang sakit. Ketika pasien akan dilarikan ke puskesmas, jaraknya sangat jauh. Belum lagi dengan kondisi jalan yang rusak sangat parah, kendaraan roda empat tak bisa lewat.

“Ada beberapa kasus, warga yang sakit dan tidak ditolong tenaga medis, akhirnya meninggal,” ungkapnya.

Baca juga: Guru mangkir, murid terlantar, bangunan SD Tagaepe-Ngguti mubazir

Dia mengaku, selama ini dalam satu bulan, petugas dari puskesmas datang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Tagaepe. Hanya saja, layanan itu dinilainya tidak maksimal.

Loading...
;

“Kalau datang dan masyarakat menyampaikan keluhan, diberikan obat. Setelah itu petugas kembali ke distrik lagi,” ungkapnya.

Padahal, menurut dia, harapan besar dari warga setempat adalah perlu ada tenaga medis ditempatkan di Kampung Tagaepe.

“Untuk apa ada pustu di sini, sementara petugasnya sampai sekarang tidak ada,” katanya.

Mama Maria (45), seorang warga di Kampung Tagaepe, juga sangat berharap adanya tenaga medis di Pustu Tagaepe, sehingga ketika ada warga sakit, bisa langsung ditangani dengan cepat.

“Kami berharap kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke-Papua agar menempatkan petugas di sini, agar pelayanan kepada orang sakit bisa berjalan dengan baik,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top