Follow our news chanel

Previous
Next

Tak hanya rumah pelaku, rumah OAP Yahukimo ikut disisir tim gabungan TNI/Polri

Papua
TNI/Polisi menunjukkan barang bukti yang disita dari hasil penyisiran di rumah warga – Dok. Humas Polres Yahukimo.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan gabungan TNI/Polri yakni dari Polres Yahukimo dan Brimob Polda Papua serta Kodim 1715 Yahukimo melakukan operasi penyisiran dan penangkapan terhadap masyarakat asli Papua di daerah setempat. Petugas keamanan beralasan, ini untuk mengungkap pelaku tiga kasus pembunuhan yang terjadi jelang sepekan di sana.

Pembunuhan yang pertama terjadi terhadap Staf KPU Yahukimo, Henry Jovinsky yang tewas di jembatan Brasa Kecil, Distrik Dekai, Yahukimo, pada 11 Agustus 2020 lalu. Pembunuhan kedua terjadi pada korban Muhammad Tyb, pada 20 Agustus 2020 di jalan Bandara, kemudian pembunuhan ketiga terjadi dengan korban atas nama Yusan pada 26 Agustus 2020 di Kali Bontoh.

Penyisiran dengan alasan mencari pelaku pembunuhan ini dibenarkan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Yahukimo, Sengbert Bahabol.

“Mereka mulai lakukan penyisiran di rumah warga di Dekai Kota. Penyisiran mulai  dilakuan di rumah-rumah orang asli Papua (OAP) Yahukimo,” kata Sengbert Bahabol kepada Jubi, Senin (31/08/2020).

Ia berharap, penyisiran seharusnya tidak dilakukan di semua rumah warga tetapi tertuju kepada orang yang menjadi pelaku saja, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat Yahukimo.

“Pelaku kan OTK (Orang Tidak diKenal). Berarti bisa dipastikan melalui intelijen mereka (TNI/Polri) siapa pelakunya. Penyisiran terlalu brutal, buktinya alat kerja pertanian disita, seperti kapak, parang, pisau, sampai sekop dan alat berburu hewan yakni panah hingga senapan angin semua disita,” keluh Bahabol.

Tak habis di situ, Bahabol pun mengeluhkan, jika penyisiran ini jadi ajang mencampuradukan persoalan politik dan kriminal murni. Yakni dengan menyita semua gelang bercorak bintang kejora, noken, hingga baju ikut diambil aparat gabungan tersebut.

Loading...
;

Sementara itu, Kapolres Yahukimo, AKBP. Ignatius Prabowo mengatakan, secara umum situasi di Yahukimo aman dan kondusif, kendati beberapa waktu belakangan terjadi pembunuhan yang sempat menghebohkan, hingga polisi dan TNI menurunkan tim gabungan yang merupakan BKO (Bantuan Kendali Operasi) dari Kota Jayapura.

“Warga masyarakat sudah ramai melaksanakan aktivitas perkantoran, perdagangan dan PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan. Polres dibantu Brimob dan TNI meningkatkan patroli dan strong point (penguatan titik) pada tempat-tempat rawan terjadinya kriminalitas dan gangguan kamtibmas,” kata Kapolres Yahukimo kepada Jubi.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan perkembangan kasus penganiayaan dan kekerasan yang mengakibatkan korban Henry Jovinski meninggal dunia yang terjadi pada tanggal 11 Agustus 2020 pukul 14.00 WIT, bertempat di Jembat Brasa Kecil, Kali T, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

“Satuan tugas gabungan Polda Papua, Polres Yahukimo, Brimob dan TNI melaksanakan penyisiran sebanyak 6 kali dan berhasil mengamankan barang bukti berupa busur panah sebanyak 38 buah, anak panah sebanyak 352 buah, pisau dari tulang kasuari 3 buah, parang sebanyak 33 buah, sangkur/pisau sebanyak 33 buah, kapak sebanyak 14 buah, linggis sebanyak 2 buah, senapan angin sebanyak 10 buah, Handy talkie (HT) sebanyak 6 buah, handphone sebanyak 6 buah, 1 buah kain yang bercorak bintang kejora, 1 gitar ukulele, 10 baju/noken bercorak bintang kejora, dan sejumlah barang bukti lainnya,” kata Kapolda.

Dalam rilis tersebut Kapolda Papua juga mengatakan pada saat penyisiran pada tanggal 26 Agustus 2020, personel gabungan Polda Papua, Polres Yahukimo, Brimob dan TNI mendapatkan perlawanan berupa serangan panah di sekitar area Jembatan kali buatan atau TKP kasus ketiga. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top