Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Ilustrasi vaksin. -Jubi/Dok

Papua targetkan 7.100 tenaga kesehatan divaksin Covid-19

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua, dr. Aaron Rumainum mengatakan, sebanyak 7.100 tenaga kesehatan di Papua menjadi target awal penerima vaksin.

“Penerima vaksin dipastikan tidak memiliki penyakit penyerta dan dalam kondisi sehat,” ujar Rumainum di Kantor Dinas Kesehatan Papua, Rabu (13/1/2021).

Dikatakan Rumainum, tahap awal vaksinasi tenaga kersehatan dipastikan selesai hingga April 2021.

“Tenaga kesehatan yang sudah mengirimkan nomor kontak ada 6.500 dari 20 ribu. Di Kota Jayapura ada 7 ribu, namun baru terdaftar 700 orang, Kabupaten Timika ada 1.100, dan Kabupaten Jayapura ada 500 orang.

“Saya pikir ada ketakutan dari tenaga kesehatan tapi saya pastikan vaksin ini aman dan halal. Kebijakan dalam pelatihan, yaitu kebijakan vaksisinasi, bagaimana melakukan vaksinasi sesuai protokol kesehatan,” ujar Rumainum.

Sekretaris Dinas Kesehatan Papua, Dr.dr. Arry Pongtiku, mengatakan hingga 2022 sebanyak 4 ribu orang tenaga kesehatan yang dilatih melakukan vaksinasi.

Loading...
;

“Ini sesuai arahan dari pemerintah pusat. Tahap pertama ada 14.680 dosis vaksin Sinovac,” ujar Pongtiku.

Dikatakan Pongtiku, dari target tersebut, nantinya tidak semuanya bisa dilakukan vaksinsi, karena bagi yang sudah terpapar belum bisa divaksin.

“Saya minta tenaga kesehatan tidak terlena dengan adanya vaksin ini, sebab yang utama adalah tetap menjalankan protokol kesehatan dengan mematuhi 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir,” ujar Pongtiku. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top