Follow our news chanel

Previous
Next

Benarkah Todd Rivaldo Ferre the next Boaz T Solossa?

papua-todd-ferre
Todd Rivaldo Ferre, jebolan SSB Imanuel Sentani - Jubi/PSSI.org

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hampir sebagian besar pesepakbola Papua maupun luar Papua selalu menjadikan el capitano Persipura, Boaz T Solossa, sebagai pemain favorit maupun idola mereka. Sebut saja misalnya Terens Puhiri sampai dengan pemain muda Persija, Sutan Zico, begitu mengidolai Bochi panggilan akrab Boaz karena memberikan inspirasi. Termasuk Makan Konate, gelandang asing dari Persebaya Surbaya, juga menjadikan Boaz sebagai pemain favoritnya.

Bbkan hanya pemain saja yang mengidolai Boaz, tetapi coach Madura United, M Rahmad Darmawan (RD). Bahkan purnawirawan perwira TNI-AL itu menyebut Boaz T Solossa sebagai seniman bola. Tak heran, coach RD jadi pelatih timnas Indonesia, Boaz pun didaulat menjadi kapten timnas Indonesia.

Kedekatan coach RD dengan Boaz T Solossa bukan baru sekarang ini. Saat menukangi Persipura musim 2005-2006, di tangan coach RD, pemain bernomor punggung 86 ini pula pertama kali bermain bersama klub berjuluk Mutiara Hitam. Boaz saat itu baru berusia 19 tahun, bersama Ian Luis Kabes dan Victor Igbonefo.

Sampai Boaz mencapai usia 34 tahun pun coach RD masih menjadikan Boaz sebagai pemain idolanya. Meski banyak pemain terbaik di Liga 1 musim 2020 ini, pelatih Rahmad Darmawan masih tetap menyukai dan menjadikan Boaz T Solossa pemain favoritnya.

Bersama Persipura, coach Rahmad Darmawan pertama kalinya sebagai pelatih membawa Mutiara Hitam meraih gelar Liga Indonesia musim 2005-2006 di Stadion Bung Karno Senayan.

Prestasi coach RD di Persipura membuatnya sangat dekat dan mengetahui karakter pemain-pemain Papua. Bahkan rekan seangkatannya di SMA Ragunan, Theodorus Bitbit, mantan pemain timnas Indonesia dan Arema Malang, mengakui kalau coach RD pelatih bertangan dingin.

papua-boaz-RD
Boaz T Solossa dan coach Rahmad Darmawan babak semifinal Piala Liga 2005-2006 di Stadion Mandala – Jubi/Dam

Lalu siapa pemain Papua yang dianggap bisa mendekati prestasi Boaz T Solossa? Apakah itu Osvaldo Haay atau Terens Puhiri? Osvaldo Haay mengakui kalau merasa enggan disamakan dengan Boaz dan merasa masih jauh dari pemain idolanya itu.

Loading...
;

Coach RD, pelatih pertama yang menukangi Boaz dan kawan-kawan di Persipura, justru menilai Todd Ferre yang lebih mendekati el capitano Persipura itu. Walau demikian, Boaz dan Todd Ferre punya kisah yang berbeda. Todd Ferre mengawali bakat sepak bolanya dengan belajar di SSB Imanuel Sentani dibawah asuhan pelatih ayah kandungnya sendiri, Agus Ferre, yang juga mantan pesepak bola.

Sedangkan Boaz lahir dari keluarga atlet. Ibu kandungnya, Maria Sarobi Solossa, mantan pemain basket terkenal di Kota Sorong. Begitupula ayah kandung, mendiang Christian Solossa, mantan pemain sepak bola termasuk mantan Gubernur Papua, alm JP Solossa, eks penjaga gawang. Belum lagi, abang kandungnya, Ortisan Solossa dan Nehemia serta alm Joice Harold Solossa, eks pemain dan kapten PON Irian Jaya PON XIV, 1996.

Baca juga: All Star PON ingin berkontribusi demi kemajuan sepak bola Papua

Todd Ferre yang sukses bersama Timnas U-19 dengan membuat hattrick. Sedangkan Boaz justru ikut membela timnas senior dalam Piala Tiger bersama pelatih Pieter White. Boaz dalam usia 16 tahun sudah bermain dengan Ilham Jayakusumah dan Kurniawan Dwi Julianto serta Elly Aiboy di Timnas Indonesia.

Walau demikian, Todd Ferre tampil bersama Persipura U-19 tahun sebagai pemain terbaik dan membawa Persipura U-19 juara. Akankah Todd Ferre dan kawan-kawan berhasil juara bersama Persipura di Liga 1 Indonesia serta mengukir prestasi Persipura di Piala AFC.

Pasalnya, Boaz dan kawan-kawan sudah pernah masuk babak semi final AFC 2014 sedangkan Boaz sendiri sudah mengoleksi 12 gol selama Persipura mengikuti Piala AFC.

Jurnalis jubi.co.id menilai Todd Rivaldo Ferre akan berkembang sebagai gelandang serang dan seorang playmaker. Pemain kelahiran Jayapura, 19 Maret 1999 ini pantas dijuluki the next Zah Rahan Persipura. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top