Follow our news chanel

Previous
Next

UMKM berkontribusi signifikan pada PAD Kota Jayapura

papua-umkm-kota-jayapura
Pelaku UMKM di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Provinsi Papua, Robert L.N. Awi, mengaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mampu memberikan kontribusi dalam perekonomian untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

“Para pelaku UMKM ini, untuk pertumbuhan ekonomi sangat luar biasa sekali karena roda perekonomian di Kota Jayapura digerakkan oleh jasa dan perdagangan,” ujar Awi di Pasar Baru Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (23/9/2020).

Dikatakan Awi, kontribusi para pelaku UMKM bagi PAD di Kota Jayapura mencapai 30 persen atau Rp25 miliar pada 2019. Angka ini terkumpul dari sekitar 17 ribu UMKM yang ada di ibukota Provinsi Papua ini.

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh KPP Pratama Jayapura, dikatakan Awi, jumlah UMKM yang terdaftar sebagai wajib pajak pada 2017 sebanyak 19.419 dengan perolehan mencapai Rp15,95 miliar.

Salah satu penyebabkan adalah pertumbuhan usaha-usaha kecil di sektor perdagangan, industri, dan kerajinan tangan sehingga memberikan kontribusi yang signifikan.

Selain itu, bisnis UMKM juga memiliki fokus yang jelas, fleksibel, mudah berinovasi, serta membutuhkan modal dan tenaga yang terjangkau. Karena perannya yang penting bagi pondasi ekonomi, Pemerintah Kota Jayapura memberikan perhatian serius mulai dari pendampingan, pelatihan, hingga pemberian modal usaha.

Awi berharap kepada pelaku UMKM untuk terus meningkatkan pengetahuan, baik dalam sektor teknologi maupun pengembangan usaha sehingga mampu memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan perekonomian.

Loading...
;

Baca juga: UMKM di Kota Jayapura diusulkan dapat Bantuan Presiden

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa, mengatakan semakin besar kemajuan UMKM maka semakin besar pula lapangan kerja yang dapat diberikan sehingga angka pengangguran di Kota Jayapura dapat berkurang sekaligus menekan angka kemiskinan.

“Dengan memperkuat peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian, dapat menopang krisis ekonomi yang saat ini terjadi akibat pandemi Covid-19. Jumlah tenaga kerja yang terserap pada sektor UMKM  ada sekitar tujuh ribu orang dari 20 ribu tenaga kerja di Kota Jayapura,” ujar Naa.

Naa berharap pendampingan, pelatihan, dan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM terus diperhatikan sehingga UMKM bisa bersaing dan meningkatkan produk usahanya agar bisa menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top