HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Uncen buka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri mulai Juli

Papua-kampus-Uncen
Kampus Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua – Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi–  Universitas Cenderawasih (Uncen) Kota Jayapura, Papua secara resmi akan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Seleksi Bersama (JMSB) Non Reguler Masuk Perguruan Tinggi Universitas Cenderawasih (Uncen) mulai 1-12 Juli 2020 dan mahasiswa reguler dimulai 15-30 Juli 2020 secara online di laman https://pmb.uncen.ac.id.

“Untuk pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Universitas Cenderawasih tahun ajaran 2020-2021, khusus untuk JMSB (Jalur Masuk Seleksi Bersama) akan dimulai 1-12 Juli 2020. Pendaftaran ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa non reguler atau ekstensi. Sedangkan tanggal 15-30 Juli 2020 itu khusus buat mahasiswa JMSB regular,” jelas Kepala Biro Administrasi Akademik dan Mahasiswa (BAAK), Demianus Msiren, SE.MM, saat ditemui Jubi di Jayapura, Rabu (24/6/2020).

Demianus Msiren mengatakan bagi mahasiswa Uncen yang telah mendaftar di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) itu yang tak lulus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), mereka masih punya kesempatan untuk mendaftar ulang di kampus Uncen.

Uncen buka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri mulai Juli 1 i Papua

“Jadi bagi mahasiswa yang tak lulus di SBMPTN mereka masih punya kesempatan untuk mendaftar di tanggal 26-30 Juli 2020. Karena pengumuman SBMPTN akan dilakukan pada 25 Juli 2020,” kata Kepada Biro AAK Uncen.

Ia menerangkan yang dimaksud dengan mahasiswa ekstensi adalah bagi mahasiswa baru, tugas belajar, izin belajar, adalah mahasiswa non reguler atau bisa daftar non reguler. Sementara itu calon mahasiswa baru yang mendaftar tanggal 15-30 Juli 2020 yaitu lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 atau disebut adalah mahasiswa reguler.

“Jadi, kalau mahasiswa lulusan dibawa tahun 2017 tidak bisa daftar sebagai mahasiswa reguler, Jadi dia harus daftar mahasiswa non reguler karena batas tahun daftar reguler sudah lewat. Kami punya halaman daftar secara online yaitu https://pmb.uncen.ac.id.,” terang Demianus Msiren.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Cenderawasih (Uncen), Ones Sahuleka, mengatakan penerimaan mahasiswa baru seluruh Indonesia ada dua mekanisme yaitu penerimaan nasional melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sama hal pula ada seleksi mandiri atau disebut seleksi lokal. Seleksi mandiri terdiri dari dua yaitu SLSB dan JLSB.

Loading...
;

“Untuk ujian SNMPTN sudah selesai, sudah diumumkan dan pendaftaran dilakukan di sekolah masing-masing melalui akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Negeri dan kemarin tanggal 20 Juni 2020 secara nasional sudah dilakukan penutupan pendaftaran SBMPTN. Bagi SBMPTN akan dilakukan tes atau ujian melalui UTBK, dari tanggal 5-12 Juli 2020. Sementara itu untuk ujian lokal juga ada jalur mandiri dari universitas masing-masing. Uncen menerima jalur SLSB dan JMSB. Kami di Uncen sudah lalui seleksi SLSB melalui sekolah seleksi sudah lalui dan penerimaannya telah selesai. Sedangkan JMSB akan kita buka 1-12 juli 2020,” kata Ones Sahuleka, yang juga menjabat Pembantu Rektor I Uncen ini, kepada Jubi, Kamis (25/6/2020).

Lebih jauh Ones Sahuleka mengatakan khusus ujian UTBK untuk masuk SBMPTN, Universitas Cenderawasih telah membuka enam lokasi yakni Jayapura di Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor di Biak, Kabupaten Serui, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika di Timika, dan Kabupaten Jayawijaya di Wamena.

Kebijikan tersebut juga sebagai menjawab atas diperlakukannya pembatasan sosial demi mencegah penyebaran korona sehingga tak ada penerbangan ke Kota Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua.

“Di daerah lain tes dilakukan di ibukota provinsi. Tetapi Rektor Uncen mengambil kebjikan tes akan dilakukan di lima kabupaten di luar Kota Jayapura sehingga bisa terlaksana dan sudah diizinkan. Jadi Jayapura sudah final ada 1.054 pendaftar, Biak Numfor 142, Serui 106, Nabire 158, Timika 296 orang, dan Wamena 31 orang. Jadi nantinya yang akan ikut Ujian Berbasis Komputer pada panitia pusat UTBK Uncen berjumlah 1.787 pendaftar di enam lokasi itu,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa