Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Upacara perdamaian adat Flobamora dengan Suku Arfak

papua-suku-arfak-flobamora-upacara-adat-perdamaian
Upacara perdamaian adat antara Keluarga Flobamora NTT dengan keluarga besar Suku Arfak di Manokwari-Papua Barat, Kamis (13/8/2020) - Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Keluarga besar Flobamora Nusa Tenggara Timur (NTT) di Provinsi Papua Barat menggelar upacara perdamaian secara adat dengan Suku besar Arfak. Upacara adat ini dihelat untuk mengikat kembali tali persaudaraan antar kedua suku yang sempat renggang.

Kepala kerukunan Flobamora NTT di Papua Barat, Clinton Tallo, mengatakan upacara adat yang dilakukan ini untuk mengikat kembali tali persaudaraan antara suku Arfak [suku asli Manokwari] dan keluarga Flobamora yang berada di Manokwari.

Kerenggangan hubungan dua suku itu menyusul peristawa yang menimpa Demianus Dowansiba, pria asal suku Arfak, yang meninggal dunia di Desa Waekokak Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 17 Juni lalu.

Upacara perdamaian adat Flobamora dengan Suku Arfak 1 i Papua

“Prosesi damai yang digelar dengan tradisi Timor (NTT) kepada keluarga besar suku Arfak, adalah tradisi hukum secara adat yang diajarkan secara turun temurun oleh para orang tua pendahulu, khususnya ras Melanesia. Jadi ini bukan denda adat tetapi prosesi damai untuk pererat kembali tali persaudaraan. Sehingga kebersamaan yang sudah ada, tetap dijaga dalam membangun kehidupan harmonis antara suku Arfak dan keluarga Flobamora di Kabupaten Manokwari ,” kata Clinton Tallo, di Manokwari-Papua Barat, Kamis (13/8/2020).

Clinton menambahkan keluarga Flobamora di Papua Barat sangat mengormati budaya dan kearifan lokal yang ada di Tanah Papua, khususnya di Manokwari, sehingga meskipun kejadian yang menimpa mendiang Demianus Dowansiba terjadi di luar tanah Arfak, tetapi keluarga Flobamora yang juga hidup dan membangun di tanah Arfak, mempunya simpati dan empati atas peristiwa itu. Sehingga sebagai suku bangsa yang menghargai adat, [Flobamora] patut melakukan upacara perdamaian dengan suku besar mendiang Demianus Dowansiba [suku Arfak] di Manokwari.

“Manokwari tanah Arfak adalah rumah besar bagi semua suku, ras, dan agama. Sehingga, Flobamora sebagai bagian dari penghuni rumah besar itu, kami turut merasa simpati atas kematian mendiang Demianus Dowansiba di rumah asal kami [di NTT],” ucap Clinton, yang turut diaminkan Wakil Kepala Keluarga Flobamora di Papua Barat, Romanus Pegan.

Sementara, Kepala Suku Arfak yang juga Ketua Ikatan Pemuda Pemudi (IPP) Mekesa Papua  Barat, Obeth Arik Ayok, mewakili Suku Besar Arfak di Manokwari, menerima upacara perdamaian adat oleh Keluarga Flobamora NTT sebagai simbol pengikat kebersamaan antar sesama suku bangsa di Manokwari.

Loading...
;

“Kami segenap keluarga besar Arfak, menerima prosesi damai yang dilakukan, bukan untuk membayar denda tetapi ini simbol kebersamaan secara tradisi ketimuran yang tetap dipertahankan. Mewakili keluarga besar Arfak, saya terima apa yang diberikan kepada keluarga mendiang Demianus Dowansiba,” kata Ayok.

Sementara, perwakilan dari keluarga mendiang Demianus Dowansiba, Nelson Sayori, mengatakan upacara perdamaian secara adat yang dilakukan oleh keluarga Flobamora NTT adalah bagian dari ketaatan terhadap norma adat yang ada di wilayah adat suku Arfak, ketika sanak saudara mereka [suku Arfak] mengalami musibah, kematian yang tak wajar.

“Secara adat Arfak, kematian tak wajar akibat insiden adalah sesuatu yang sangat ‘menyakitkan’ yang memunculkan tuntutan adat berupa pembalasan. Namun zaman sudah maju sehingga ada bagian dari adat yang harus dipertahankan. Tetapi ada pula bagian dari adat yang harus ditinggalkan [kebiasaan balas-membalas],” kata Nelson menjelaskan.

Dia mewakili keluarga mendiang Demianus Dowansiba menyampaikan terima kasih atas respons dar keluarga Flobamora NTT di Papua Barat hingga terlaksananya upacara  perdamaian secara adat dari keluarga Flobamora.

“Prosesi damai adat antara keluarga Flobamora dan Arfak, ditandai dengan pemberian uang tunai Rp50 juta, satu ekor sapi, satu ekor babi, dan kain timur sebanyak enam lembar dari keluarga besar Flobamora NTT  kepada keluarga besar suku Arfak, khususnya keluarga mendiang Demianus Dowansiba,” ujarnya.

Upacara perdamaian secara adat tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah-terima, disaksikan oleh masing-masing saksi perwakilan kedua suku.

Akhir dari prosesi damai adat itu, Kepala Kerukunan Flobamora NTT di Papua Barat, Clinton Tallo, memberikan penghormatan kepada Obeth Arik Ayok, sebagai panglima dan sesepuh Flobamora di Papua Barat yang ditandai dengan penyematan topi adat dan kain timur khas NTT untuk dikenakan Obeth Arik Ayok.

“Saya beri Pak Obeth Arik Ayok, gelar panglima dan sesepuh keluarga Flobamora di Papua Barat, karena Beliau punya peran penting dalam menyelesaikan berbagai persoalan antar suku [tak saja keluarga Flobamora], di Manokwari, ketika menghadapi persoalan di tanah rantau,” ujar Clinton Tallo.

Baca juga: Gubernur NTT hadiri doa syukur bersama masyarakat Flobamora

Mendiang Damianus Dowansiba (25), merupakan alumni Universitas Nusa Cendana Kupang, ditemukan meninggal dunia di dalam sebuah sumur di area persawahan, belakang pemukiman warga di Blok D Desa Waekokak, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/6/2020).

Theresia Bule,  istri mendiang Demianus Dowansiba, mengatakan sebelumnya mendiang Demianus Dowansiba bekerja di Papua dan kembali ke Nagekeo untuk bertemu dirinya dan putri semata wayang mereka, sekalian untuk mengambil ijazah.

“Dia di sini baru tujuh bulan mau ambil ijazah. Saya bingung harus bagaimana karena sayapun belum beritahu orangtua di Papua,” ujar Theresia dalam pemberitaan sebuah media lokal di NTT. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top