Follow our news chanel

Previous
Next

Update 19 Juli: 39 kasus baru terkonfirmasi, kumulatif 2.568 kasus

papua-update-data-kasus-Covid-19-per-19 Juli
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 19 Juli 2020 – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua mengkonfirmasi 39 kasus baru, sehingga total kumulatif menjadi 2.568 kasus.

Tambahan 39 kasus berasal dari Kota Jayapura (22 kasus), Kabupaten Jayapura (10 kasus), Mimika (6 kasus), dan Jayawijaya (1 kasus).

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K), minta warga Papua tetap mengikuti protokol kesehatan pada malam dan siang hari, termasuk menggunakan masker.

“Anda adalah orang yang smart yang mengetahui bahwa meskipun saya terlihat sehat, saya mungkin saja membawa virus yang bisa mencelakai orang lain,” katanya, di Kota Jayapura-Papua, Minggu (19/7/2020).

Dengan menggunakan masker, katanya, seseorang ingin mengatakan kepada orang-orang di sekelilingnya, bahwa ia tidak sedang hidup dalam ketakutan, tetapi ingin menjadi bagian dari solusi bukan sumber masalah.

Dan setiap orang harus merasa tidak dikontrol oleh pemerintah, tetapi merasa ia sedang berkontribusi terhadap kemaslahatan dan keselamatan warga Papua. Ia berharap orang lain bisa mengikutinya menggunakan masker tidak membuat saya lemah takut bodoh atau dikontrol, tetapi masker menyatakan kepedulian seseorang.

“Jika anda mengkhawatirkan penampilan ketidaknyamanan atau opini orang lain saat menggunakan masker, bayangkanlah jika orang-orang yang Anda cintai, ayah, ibu, pasangan, saudara, anak saudara, kakek, nenek, tante, dan om yang harus dipasang alat bantu nafas, sendiri, tanpa ada yang menemani,” katanya.

Loading...
;

Penggunaan masker, jelasnya, untuk menurunkan risiko penularan yang berasal dari orang yang tampak sehat.

Baca juga: Update  18 Juli: Papua catatkan penambahan kasus mingguan terbanyak

Baca juga: Update 18 Juli: Di Papua ada 49 kasus baru, 1 pasien meninggal

Mengenai perhatian pemerintah kepada lima provinsi termasuk Papua, terkait penambahan kasus yang terus berlangsung sepanjang masa pademi Covid-19 ini, Soemoele menyatakan Papua masih tetap pada jadwal, dimana evaluasi akan dilakukan pada 31 Juli nanti.

“Hingga saat ini jadwalnya masih seperti yang sudah disampaikan pada akhir akhir bulan Juli. Namun perkembangan perkembangan di hari-hari ini, secara terus-menerus kami telah sampaikan kepada pimpinan daerah,” katanya.

Hingga Minggu (19/7/2020), sekira 51 persen atau 1.308 orang dirawat, 48 persen atau 1.233 orang sembuh, 1 persen atau 27 orang meninggal dunia.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sampai hari ini berjumlah 2.860 orang, Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 249 orang dan jumlah pemeriksaan PCR dan TCM sebanyak 22.084 spesimen. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top