Follow our news chanel

Update 5 September: Delapan kematian, tambah 300 kasus baru

papua-update-per-5-september
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 5 September 2020 – Jubi/Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pada pekan ke-36 sejak pandemi Covid-19 sampai ke Provinsi Papua pada 17 Maret lalu, Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua melaporkan penambahan 300 kasus baru dan mencatat 8 kematian, 5 karena Covid-19 dan 3 kasus probable.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K), minta perhatian seluruh masyarakat di Provinsi Papua khususnya bagi masyarakat Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura atas peningkatan kasus yang sangat signifikan itu.

“Harapan besar dari Satgas Covid Papua, gugus tugas di 4 kabupaten tadi tetap membangun komunikasi yang intens, tidak hanya dengan kabupaten sekitarnya, tetapi juga dengan Satgas Covid di Provinsi Papua,” katanya di Jayapura, Sabtu (5/9/2020).

Pekan ini merupakan pekan dengan penambahan kasus terbanyak kedua setelah pekan ke-29 dengan jumlah kasus sebanyak 328 kasus. Empat kabupaten tersebut merupakan penyumbang kasus baru terbanyak.

Dalam sepekan ini terdapat kasus baru Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 141 kasus, Kabupaten Mimika 95 kasus, Kabupaten Biak Numfor 28 kasus, dan kabupaten Jayapura 20 kasus.

Soemoele minta masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dan protokol-protokol kemasyarakatan yang telah ditetapkan bersama tetap menjadi panduan dan pegangan bagi semua masyarakat.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh petugas kesehatan untuk tetap waspada, tetap melakukan pemantauan ketat, teristimewa di batas-batas kota maupun juga terhadap warga yang melakukan perjalanan antar kabupaten maupun dari luar provinsi.

Loading...
;

Menyusul terdapat 8 kematian dalam sepekan, Satgas Covid-19 Provinsi Papua minta Dinas Kesehatan dan rumah sakit untuk memastikan ketersediaan ruangan, khususnya ruangan ICU, untuk menangani pasien pasien yang dalam kondisi sakit sedang berat maupun kritis

“Satgas Covid-19 provinsi siap memberikan dukungan, tidak hanya dalam dukungan teknis medis, tetapi dukungan terhadap ketersediaan fasilitas-fasilitas kesehatan, termasuk di dalamnya adalah obat-obatan yang dibutuhkan oleh kabupaten kota,” katanya.

Baca juga: Belajar tatap muka, guru wajid swab test

Khusus Sabtu, 5 September 2020, terdapat penambahan 34 kasus baru pasien terinfeksi korona. Dengan sebaran Kota Jayapura (16 kasus), Kabupaten Mimika (13 kasus), Kabupaten Nabire (4 kasus), dan Kabupaten Mappi (1 kasus).

Terdapat penambahan kasus kontak erat sebanyak 2 kasus, sehingga total kasus di Kota Jayapura sebanyak 1.691 kasus. Untuk kasus suspek terdapat penambahan sebanyak 28 kasus yang berasal dari Kabupaten Puncak (8 kasus),  Kabupaten Mimika (1 kasus), Kabupaten Jayawijaya (2 kasus), dan Kabupaten Pegunungan Bintang (17 kasus). Total kasus suspek di Provinsi Papua sebanyak 925 kasus.

“Hari ini kami laporkan ada satu kasus probable yang berasal di salah satu rumah sakit mitra di Kota Jayapura. Pasien saat tiba di rumah sakit dalam kondisi sesak nafas. Belum sempat dilakukan pemeriksaan fisik (ambil sampel swab), pasien telah dinyatakan meninggal,” katanya.

Penguburan pasien langsung dilakukan pada Sabtu, 5 September. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top