Follow our news chanel

Previous
Next

UPTD Metrologi Kota Jayapura tera ulang SPBU

papua-tera-ulang-spbu
Kepala UPTD Metrologi Kota Jayapura, Reynold A. Korwa, bersama staf saat melakukan tera ulang alat ukur di SPBU Nagoya Sejati, Kota Jayapura, Papua, Selasa (25/8/2020) - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura-Papua melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi melakukan tera ulang alat ukur di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sebagai bentuk pengawasan.

“Kegiatan tera ulang di SPBU ini agar bahan bakar minyak yang dibeli masyarakat benar-benar pas,” ujar Kepala  Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Kota Jayapura, Reynold A. Korwa, saat melakukan tera ulang alat ukur di SPBU Nagoya Sejati di Jalan Koti Jayapura-Papua, Selasa (25/8/2020).

Menurut Korwa, pengawasan alat ukur di SPBU agar menciptakan harmonisasi dalam transaksi perdagangan, salah satunya dengan memberikan kenyamanan dan jaminan kepada warga sebagai konsumen saat mengisi bahan bakar minyak.

Korwa menjelaskan saat melakukan tera ulang alat ukur di SPBU, Metrologi Kota Jayapura-Papua menyiapkan bejana ukur sebagai alat untuk memastikan ketepatan ukuran yang dikeluarkan dari selang pengisian bahan bakar minyak.

“Kami stel alatnya supaya benar-benar menunjukkan satu liter. Setelah itu alat penyetelnya (tombol kalibrator) kami segel supaya tidak bisa diubah oleh pemilik SPBU. Kami pasang stiker agar menyakinkan pembeli kalau bahan bakar minyak yang dibeli pasti pas. Pengawasan itu juga dipastikan tidak merugikan penjual maupun pembeli,” ujar Korwa.

Dikatakan Korwa, untuk memastikan alat ukur di SPBU tetap pas saat mengeluarkan bahan bakar minyak, pihaknya melakukan pengawasan secara berkala atau enam bulan sekali.

“Total SPBU di Kota Jayapura ada 10, tapi baru sembilan yang kami tera ulang karena satu SPBU masa tera sampai November 2020. Satu SPBU di Kabupaten Keerom belum punya tera ulang. Mereka sudah menyurati kami untuk dilakukan tera ulang,” ujar Korwa.

Loading...
;

Baca juga: Pandemi Covid-19, layanan tera ulang timbangan di Kota Jayapura tetap jalan

Pemilik SPBU Nagoya Sejati, Wefer, mengaku tera ulang alat ukur SPBU sangat bermanfaat karena untuk memastikan kebenaran transaksi bahan bakar minyak yang dibeli oleh masyarakat.

“Stiker tera ulang pada bodi dispenser merupakan jaminan kepada pelanggan agar jangan ragu membeli bahan bakar minyak di SPBU karena volume bahan bakar minyak yang dibeli pasti pas,” ujar Wefer. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top