Follow our news chanel

Papua Urutan Ketiga di Indonesia Jumlah Gempa per Tahun

Papua urutan ketiga di Indonesia jumlah gempa per tahun - energitoday.com
Papua urutan ketiga di Indonesia jumlah gempa per tahun – energitoday.com

Jayapura, Jubi – Balai Besar Meterologi, Klimatologi dan Geofisika WIlayah V menyatakan Provinsi Papua berapada pada urutan ketiga di Indonesia dalam jumlah terjadinya gempa per tahunnya yaitu sebanyak 495 kejadian.

Staf Pelayanan Jasa Balai Besar Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika WIlayah V, Agung Sabtaji, di Jayapura, Senin (7/3/2016), mengatakan Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki tingkat aktivitas gempa yang cukup tinggi.

“Tingkat keaktifan gempa berdasarkan zona tektoniknya dari urutan satu sampai tiga adalah Sesar Sorong, Lajur Anjak Mamberamo bagian timur, dan Subdukdi utara Papua,” katanya.

Menurut Agung, wilayah Papua dan Papua Barat seperti Biak, Yapen, Nabire, Dogiyai, dan Deiyai memiliki perulangan gempa relatif lebih cepat dibandingkan dengan wilayah lain di dua provinsi tersebut.

“Gempa besar yang merusak dapat diperkirakan prakiraan periode perulangan gempanya secara statistik,” katanya.

Dia menjelaskan periode ulang dengan gempa-gempa besar di antaranya gempa bumi Jayapura 1971 magnitudo 7,7 Mw, Oksibil 1976 magnitudo 7,1 Mw, Biak 1996 magnitudo 8,2 Mw, Ransiki 2002 magnitudo 7,6 Mw, Nabire 2004 magnitudo 7,1 Mw, Manokwari 2009 magnitudo 7,9 Mw, dan Yapen 2010 magnitudo 7,1 Mw.

“Diharapkan agar tidak panik dengan forecast (prakiraan secara statistik) tersebut dimana masih tergantung dengan kelengkapan data 1914-2015 dan siklus gempa besar bisa lebih dari 100 tahun,” katanya.

Loading...
;

Dia menambahkan rata-rata Indonesia mengalami 5381 kejadian gempa tiap tahunnya, di mana Papua mencapai 495 kejadian dan Papua Barat 331 kejadian per tahunnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top