Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua-pelaksanaan vaksinasi di Kota Jayapura
Warga di Kota Jayapura saat mengikuti vaksinasi di halaman Kantor Wali Kota Jayapura - Jubi/Ramah

Vaksinasi penting untuk pribadi dan kekebalan komunal

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan vaksinasi sangat bagi seseorang karena akan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Bila sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk di Papua sudah mendapatkan vaksinasi, herd immunity atau kekebalan komunul akan terbentuk.

“Vaksin ini untuk kepentingan diri sendiri dan juga orang lain. Artinya, kita sama-sama menjaga kesehatan sehingga tidak saling menularkan penyakit terutama di masa pandemi Covid ini,” ujar Pekey di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Jumat (20/8/2021).

Dikatakan Pakey, program vaksinasi masih terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal dan memutus penyebaran Covid-19.

“Tidak usah dengar hoax (berita bohong) yang berkembang. Jangan didengan tapi tanya kepada keluarga yang sudah mendapatkan vaksin, bagaimana reaksinya, bagaimana dampaknya ada atau tidak. Tanya jangan dengar dari media sosial tapi harus dipastikan dulu kebenarannya,” ujar Pekey.

Menurut Pekey, pemberian vaksin merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi dan memutus rantai penularan Covid-19.

“Di masa pandemi ini yang rentan terhadap paparan Covid-19 bila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah seperti wabah Covid-19 ini,” ujar Pekey.

Baca juga: September 2021, target vaksinasi di Kota Jayapura 80 persen

Loading...
;

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menargetkan pemberian vaksinasi kepada 362.998 jumlah warga wajib vaksin selesai pada September 2021.

“Vaksinasi ini yang kami genjot terus sehingga saya yakin Kota Jayapura menjadi zona hijau pada Desember, dan saya akan menginstruksikan warga kota untuk tidak lagi menggunakan masker saat beraktivitas,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano menambahkan upaya untuk mencapai target vaksinasi pada September 2021, pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 gencar menerapkan kebijakan PPKM level 4, seperti operasi yustisi, menyediakan tempat isolasi, dan pembatasan aktivitas masyarakat dan dunia usaha.

“Tapi tetap harus mematuhi protokol kesehatan supaya kita benar-benar pulih dan dan keluar dari wabah Covid-19 ini. Pesan saya, kita jangan lengah dan kendor melawan Covid-19 di manapun kita berada,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Scroll to Top