Follow our news chanel

Previous
Next

Warga harus produktif agar terhindar resesi

papua-wakil-wali-kota-jayapura
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, saat diwawancara - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura-Papua, Rustan Saru, mengatakan warga harus tetap produktif supaya terhindar dari resesi. Jika terjadi resesi, dampaknya juga akan dirasakan oleh warga.

“Bukan hanya berdampak bagi perekonomian negara, tapi resesi ekonomi tentunya sangat berdampak juga pada warga, seperti banyaknya pemutusan hubungan kerja dan merosotnya aktivitas perdagangan,” ujar Rustan, di Pantai Hamadi, Kota Jayapura-Papua, Senin (24/8/2020).

Menurut Rustan, bila warga tetap produktif meski sedang berada di tengah pandemi Covid-19, itu akan menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Mulai Juli kami buka semua aktivitas agar warga tetap produktif dan perputaran ekonomi bisa berjalan. (Kebijakan ini diambil) agar ekonomi bisa bangkit dan untuk menghindari resesi ekonomi di masa pendemi ini,” ujar Rustan.

Dikatakan Rustan, Pemerintah Kota Jayapura terus melakukan pelatihan, pendampingan, hingga pemberian bantuan dengan tujuan membangkitkan semangat warga supaya tetap produktif dalam menjalankan aktivitas masing-masing.

“Untuk mencegah terjadinya resesi dibutuhkan kebersamaan dengan tidak saling menyalahkan, namun tetap menjaga harapan dan semangat dalam bekerja, khususnya di Kota Jayapura, ekonominya tetap terjaga bahkan terus meningkat,” ujar Rustan.

Baca juga: Daya beli masyarakat Kota Jayapura selama Pandemi Covid-19 tetap terjaga

Loading...
;

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Robert L. N. Awi, mengatakan pendemi Covid-19 tak berdampak pada daya beli masyarakat.

“Kondisi jual beli di pasar tradisional dan pasar modern tetap terjaga dan kebutuhan pangan tetap terpenuhi. Hal ini memberikan gambaran bahwa perekonomian di Kota Jayapura denyutnya masih terus terjaga,” ujar Awi.

Menurut Awi, resesi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan memakan tahun.

“Kami terus memberikan kemudahan kepada warga seperti bila ingin memperluas usahanya. Kami akan fasilitasi dengan memudahkan perizinannya, kami berikan pelatihan, pendampingan, hingga memberikan bantuan berupa barang dan modal dengan tujuan warga tetap produktif sehingga ekonomi warga tetap jalan untuk memenuhi kebutuhannya,” jelas Awi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top