Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kemarau panjang, warga Tagaepe kesulitan air bersih

papua-sekretrais-kampung-tagaepe
Sekretaris Kampung Tagaepe, Sefnat Mahuze – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Salah satu permasalahan serius yang dialami masyarakat di Kampung Tagaepe, Distrik Ngguti, Kabupaten Merauke, Papua dari tahun ke tahun adalah air bersih, terutama pada musim kemarau seperti sekarang.

Sekretaris Kampung Tagaepe, Sefnat Mahuze, kepada Jubi, Senin (14/9/2020), mengatakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap hari, warga harus berjalan kaki sampai 3 kilometer untuk mengambil di sungai.

“Ya kondisinya seperti demikian. Memang kalau sudah musim kemarau, masyarakat mulai merasakan  kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka harus berjalan kaki sangat jauh mencari air sampai ke tengah hutan,” ujarnya.

Kemarau panjang, warga Tagaepe kesulitan air bersih 1 i Papua

Untuk kebutuhan mandi atau mencuci, menurutnya, masih ada air kali di sekitar kampung yang bisa diambil. Hingga kini, masyarakat di Kampung Tagaepe belum memiliki sumur. Sebenarnya ada beberapa sumber air di kampung tersebut, namun sangat dalam. Untuk bisa mengambil air dari sumber tersebut butuh peralatan saat menggali.

“Ada tim dari kabupaten sudah datang ke sini dan melihat beberapa sumber mata air. Namun hingga sekarang belum ada tindak lanjut untuk dilakukan penggalian,” ungkapnya.

Baca juga: Harga bensin di Kampung Tagaepe Rp30 ribu/liter

Dia sangat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke-Papua melakukan penggalian sumur dalam kampung sehingga masyarakat tak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih di musim kemarau.

Loading...
;

Hal serupa diungkapkan Freddy Yolmen, salah seorang warga setempat.

“Saat ini masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka harus ke hutan mencari air dengan membawa jerigen,” katanya.

“Betul, ada sumber mata air dalam kampung. Kita berharap pemerintah menggali sumur agar dapat dimanfaatkan masyarakat,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top