Sekda ingatkan ASN Yalimo jangan terlibat dukung mendukung Pilkada

Pilkada Yalimo Papua
Kepolisian Resor Yalimo menyelenggarakan coffee morning menjelang penyelenggaraan Pilkada Yalimo 2020, Rabu (26/8/2020). - Dok. Pemkab Yalimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Elelim, Jumat – Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo, Dr Isak Yando SE MSi mengingatkan Aparatur Sipil Negara atau ASN di Kabupaten Yalimo untuk tidak terlibat dalam dukung mendukung Pilkada. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam coffee morning yang diselenggarakan Kepolisian Resor atau Polres Yalimo di Elelim, ibu kota Kabupaten Yalimo, Papua, Rabu (26/8/2020).

Coffee morning di aula Polres Yalimo itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo, Dr Isak Yando SE MSi, Kapolres Yalimo, AKBP Rahmad K, Ketua KPUD Kabupaten Yalimo, Yehemia Walianggen, S.Sos, Ketua Panwaslu Kabupaten Yalimo, Habakuk Mabel, S.Sos, ASN, tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Partai Politik dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dr Isak Yando SE MSi menyatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak perlu ikut berpolitik dalam Pilkada Yalimo 2020. “Saya juga sampaikan kepada seribu lebih ASN yang ada di Kabupaten Yalimo agar dapat mensukseskan Pemilihan Bupati Yalimo dan Wakil Bupati Yalimo tahun 2020. ASN tidak perlu ikut dalam berpolitik. Tugas kita selaku ASN adalah menyalurkan hak suara,” kata Yando.

Yando menyebut perhelatan politik di Kabupaten Yalimo dimulai dari tahun 2009, yaitu Pemilihan Umum yang memilih anggota legistlatif Kabupaten Yalimo, kemudian Pilkada tahun 2011, Pemilihan Umum 2014, Pilkada tahun 2016, Pemilihan Umum 2019, dan Pilkada tahun 2020. Pada tahun 2015, KPUD Kabupaten Yalimo mendapat penghargaan dari KPU RI Indonesia dalam hal pelaksanaan Pemilihan di Kabupaten Yalimo.

Baca juga: Bupati Yalimo bantu transportasi siswa ke Jayapura

“Selama itu juga kami masih bersama dengan Polres Jayawijaya dan untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Yalimo tahun 2020 ini kami akan bersama dengan Polres Yalimo untuk mensukseskan jalan pimilukada tersebut. Perlu kita ketahui bersama bahwa selama proses pilkada berjalan di Kabupaten Yalimo belum pernah ada pertikaian yang terjadi. Jika ada gesekan-gesekan yang terjadi ditingkat TPS maka semua diselesaikan dengan cepat, karena masyarakat Kabupaten Yalimo berpikir bahwa jika ada gesekan yang terjadi tidak perlu kita dipikirkan lagi artinya semua masalah telah habis diselesaikan dengan baik,” kata Yando.

Ia juga menegaskan setiap warga yang memiliki hak pilih memiliki hak yang sama, dan Pilkada Yalimo 2020 tidak akan menggunakan sistem noken. “Di Kabupaten Yalimo setiap orang mempunyai hak suara yang sama, yaitu satu orang satu suara. Dan Kabupaten Yalimo tidak mengenal sistem noken. Untuk itu, saya minta kepada semua stakeholder yang ada di Yalimo untuk dapat mensukseskan Pilkada tersebut,” kata Yando.

Loading...
;

Kapolres Yalimo, AKBP Rahmad K mengatakan sebenarnya proses Pilkada akan diselenggaran pada tanggal 23 september tahun 2020. “Tetapi karena pandemi Covid-19, [Pilkada] akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Untuk itu saya minta kepada semua yang ada di Yalimo, seperti Pemda, Panwaslu, KPUD, POlri/TNI, Pasangan Calon, Tim sukses, Parpol, Media massa, Masyarakat untuk aktif mensukseskan pilkada, membantu sosialisasikan pilkada, netral, professional, menjaga keamanan, memberikan data yang valid, membantu pilkada damai melalui media massa, menjalin komunikasi dengan baik laksanakan tahapan pilkada sesuai jadwal,” kata Rahmad.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama melawan penyebaran kabar bohong atau hoaks. “[Mari kita] melawan semua bentuk hoaks dalam penyelenggaraan Pilkada. Bersama-sama stakeholder lainnya mensukseskan penyelenggaraan pilkada Kabupaten Yalimo tahun 2020 dengan damai di masa pandemi Covid-19, serta tetap menlajalankan protokol kesehatan. Semua stakeholder harus transparan dan tidak memihak salah satu calon. Guna kelancaran Pilkada Kabupaten Yalimo, TNI/Polri siap mendukung dan menjamin pilkada aman dan lancar,” ujarnya.(*)

Editor: Admin Jubi

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top