Follow our news chanel

Previous
Next

Bupati Jayapura: Yang penting keinginan masyarakat terpenuhi

papua-festival-mangga-golek
Mangga golek yang disediakan Panitia Festival Mangga Golek yang digelar di Kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura-Papua, 20-22 Agustus 2020 - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengapresiasi pelaksanaan Festival Mangga Golek di Kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura-Papua, 20-22 Agustus, yang terpenting adalah tujuan dan keinginan masyarakat di wilayah pesisir itu terpernuhi.

“Kreativitas masyarakat melalui Festival Mangga Golek layak mendapat apresiasi. Tetapi panitia harus evaluasi untuk pengembangan kegiatan seperti ini ke depan,” ujar Bupati Mathius Awoitauw saat ditemui Jubi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (23/8/2020).

Bupati Awoitauw menambahkan potensi buah mangga golek di wilayah pesisir Kabupaten Jayapura, Papua yang tersebar di sejumlah kampung sangat berlimpah namun hingga saat ini belum dikelola baik. Masyarakat sendiri mengelola secara lokal dengan menunggu waktu panen lalu dijual ke pasar maupun dibeli secara borongan oleh tengkulak yang datang langsung ke masyarakat.

Dikatakan, sebagai langkah awal pelaksanaan festival tentunya banyak sekali kekurangan dan hambatan yang terjadi, tetapi mereka (masyarakat) sudah mengambil langkah untuk memulainya.

Baca juga: Warga Kabupaten Jayapura antusias ikuti festival mangga golek

Baca juga: Festival Mangga Golek, upaya tingkatkan ketahanan pangan di wilayah pesisir

Soal masyarakat yang datang berbondong-bondong hingga kelebihan kapasitas di tempat kegiatan dan keluhan terhadap kondisi infrastruktur jalan yang tidak mendukung, imbuh Bupati Awpitauw, adalah konsekuensi dari kegiatan yang dilaksanakan.

Loading...
;

“Perkiraan panitia hanya berjalan secara sederhana. Ini menjadi catatan penting untuk panitia agar segala sesuatu dipersiapkan secara baik sebelum menggelar kegiatan,” katanya.

Soal kondisi infrastruktur jalan yang dikeluhkan, bupati dua periode itu mengakui belum memberikan perhatian serius selama masa kepemimpinannya.

Baca juga: Festival mangga golek, pengunjung kecewa karena ini

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Jayapura terus berupaya untuk membuka jalur-jalur jalan yang belum terbuka, dan berusaha memperpendek jarak dari kampung ke kota. Untuk masalah ini telah dilakukan koordinasi dan pengusulan kepada Pemerintah Provinsi Papua karena secara aturan pekerjaan infrastruktur jalan dikerjakan berdasarkan kewenangan status jalan tersebut.

“Ketika gema PON XX dikumandangkan, semua alokasi dana diarahkan untuk penyediaan fasilitas pendukungnya. Dalam perjalanan persiapan itu (PON XX), daerah ini diterpa bencana alam banjir bandang,” kata Bupati Awoitauw.

“Segala upaya hingga pemulihan dilakukan. Tidak sampai di situ, Maret lalu daerah ini kembali diterpa bencana non alam dengan hadirnya pandemic Covid-19 hingga saat ini,” sambungnya.

Terlepas dari semua kekurangan yang dihadapi, lanjut Mathius Awoitauw, Festival Mangga Golek sangat penting bagi daerah ini, tetapi juga secara khusus bagi masyarakat yang mendiami wilayah pesisir pada wilayah pembangunan empat di Kabupaten Jayapura.

“Sudah ada Festival Bahari Teluk Tanah Merah yang rutin kita laksanakan setiap tahun, sehingga Festival Mangga Golek juga bisa disatukan,” ucapnya.

Sementara itu, seorang warga Kampung Amai, Obeth Kromsiang, mengatakan dengan dilaksanakannya Festival Mangga Golek di Kampung Dormena, semua pihak akan melihat kondisi rill yang ada saat ini, baik fasilitas pendukung seperti infrastruktur jalan maupun pengembangan ekowisata masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Jayapura.

“Infrastruktur jalan perlu dibenahi karena ini merupakan jalan produksi. Perlu juga pengembangan ekowisata di wilayah ini karena berada tepat di pesisir pantai. Belum lagi ketika dermaga kontainer di Depapre diaktifkan, maka segala persiapan harus dilakukan dari saat ini,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top